Kompas.com - 15/04/2022, 13:47 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang memiliki tingkat emosi yang berbeda-beda. Ini karena emosi merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam diri manusia.

Tetapi, mengontrol emosi baik emosi positif maupun emosi negatif cukup sulit dilakukan. Salah satu contohnya ialah ketika meluapkan amarah yang meledak-ledak atau mengekspresikan kegembiraan secara berlebihan.

Menurut Psikolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Sutarimah Ampuni, S.Psi., M.Si., MPsych., Psikolog., setiap orang harus bisa belajar mengelola atau meregulasi emosi agar bisa terekspresikan secara wajar dan sehat.

Baca juga: 2 Prodi UGM Ini Masuk Peringkat Dunia dan Peringkat 1 Indonesia

Tentunya, dalam mengekspresikan emosi harus dengan pas sehingga tidak menimbulkan efek buruk bagi diri sendiri dan orang lain.

"Emosi perlu dikelola, mengekspresikannya dengan sehat dan pas. Tidak menahan-nahan namun juga tidak meledak-ledak," ujarnya dikutip dari laman UGM, Kamis (14/4/2022).

Dikatakan, ada sejumlah strategi dalam mengekspresikan emosi. Salah satunya menahan/menekan emosi. Contohnya saat berduka menahan rasa duka karena tidak ingin terlihat lemah dan berduka di hadapan orang lain.

"Sebenarnya strategi ini kurang bagus karena kalau terlalu menahan akan berbahaya. Ibarat botol yang diisi air soda dan ditutup rapat suatu saat akan meledak, begitu juga dengan emosi," terangnya.

Dosen Fakultas Psikologi UGM ini juga mengatakan cara lain mengelola emosi adalah dengan merenung. Yakni mengekspresikan emosi dalam bentuk diam dan menyendiri.

Berikutnya, mengekspresikan emosi secara berlebihan atau agresif. Misalnya, marah-marah dan berperilaku kasar serta merugikan orang lain.

5 cara kontrol emosi

Meski demikian, tidak semua emosi harus diekspresikan atau dilepaskan. Namun, harus selektif dalam melepas dan menahan emosi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.