Kompas.com - 17/04/2022, 11:55 WIB

KOMPAS.com - Salah satu negara tetangga terdekat di Indonesia adalah Malaysia. Selain Singapura, banyak siswa internasional memilih Malaysia untuk melanjutkan pendidikan.

Hal ini juga didukung dengan beberapa perguruan tinggi berkualitas yang ada di Malaysia. Sehingga siswa internasional juga banyak pilihan untuk memilih perguruan tinggi dan program studi sesuai bakat dan minatnya.

Selain kualitas, biaya hidup di Malaysia selama menjalankan perkuliahan juga cukup terjangkau dibandingkan dengan negara lainnya.

Melansir dari laman konsultasi pendidikan luar negeri ICAN Education, Minggu (17/4/2022), membagikan informasi estimasi biaya pendidikan di Kuala Lumpur, Malaysia.

Baca juga: Dosen UGM Sebut Tekanan Akibat Pandemi Covid-19 Picu Aksi Klitih

Kisaran biaya kuliah di Malaysia

Biaya kuliah akan berbeda di setiap universitas. Belum lagi pilihan universitas negeri atau swasta tentunya juga akan mempengaruhi biaya yang dikeluarkan.

1. Biaya program sarjana selama 3 tahun

Namun, sebagian besar program sarjana tiga tahun membutuhkan biaya antara $ 16.000 atau sekitar Rp 229 juta dan $ 18.000 atau berkisar Rp 258 juta secara total.

2. Biaya gelar master

Sementara, biaya keseluruhan gelar master adalah sekitar $ 6.000 atau sekitar Rp 86,2 juta - $ 9.000 atau sekitar Rp 129 juta.

Baca juga: Pendaftaran BPI 2022 Dibuka, Kemendikbud Siapkan 3.000 Beasiswa S1-S3

3. Biaya akomodasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.