Kompas.com - 18/04/2022, 12:24 WIB

KOMPAS.com - Pada paruh pertama 2022, Scimago Institutions Rankings (SIR) telah merilis hasil pemeringkatan sejumlah perguruan tinggi di dunia.

Termasuk perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia juga ada yang masuk dalam pemeringkatan SIR 2022.

Penilaian SIR 2022 menggunakan tiga indikator dengan bobot yang berbeda-beda, yaitu:

  • Research dengan bobot nilai 50 persen
  • Innovation dengan bobot nilai 30 persen
  • Societal impact dengan bobot nilai 20 persen

Untuk kategori pemeringkatan di kategori inovasi terbaik, penilaian dalam kategori inovasi terbaik didasarkan pada Pengetahuan Inovatif (IK), Dampak Teknologi (TI) dan Paten (PT).

Baca juga: Harga Bahan Pokok Naik Jelang Lebaran, Begini Penjelasan Ekonom Unair

PENS kampus terinovatif versi SIR 2022

Dari beberapa penilaian ini, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menjadi perguruan tinggi dengan inovasi terbaik di Indonesia versi SIR 2022.

Dalam pemeringkatan SIR 2022, PENS bahkan mampu mengungguli sejumlah kampus ternama di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Indonesia (UI).

Direktur PENS, Aliridho Barakbah mengatakan, terpilihnya PENS sebagai kampus terinovatif ini tidak lepas dari upaya panjang yang telah dilakukan PENS selama ini.

Sejak awal berdiri, PENS sudah menggunakan sistem Lab Based Education (LBE). Sistem ini mengadaptasi sistem pendidikan di Jepang, yakni seluruh penelitian tertuju pada satu laboratorium tersebut.

"Pada tahun 2012, pendidikan tinggi menetapkan adanya publikasi ilmiah. Sehingga kita berikan saluran dan wadah untuk rekan-rekan dosen dan mahasiswa agar bermain di kancah Internasional, yakni International Electronics Symposium (IES), yang diadakan setiap tahun. Kita juga menyediakan jurnal internasional lainnya," kata Aliridho seperti dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek), Senin (18/4/2022).

Baca juga: Pemerkosa Belasan Santriwati Dihukum Mati, Ini Tanggapan Dosen UMM

Produktif ciptakan berbagai produk penelitian

Menurutnya, dampak dari budaya penelitian yang sudah berjalan di laboratorium dan adanya wadah internasional ini, mulai terasa manfaatnya sejak lima tahun terakhir.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.