Kompas.com - 20/04/2022, 19:55 WIB

KOMPAS.com - Saat bulan Ramadan, masyarakat jadi punya kebiasaan baru yakni mencari takjil atau jajanan menjelang waktunya berbuka puasa.

Belum lagi acara buka puasa bersama teman atau keluarga juga jadi kebiasaan di bulan Ramadan.

Jika tidak dikelola dengan baik, bisa jadi bulan Ramadan justru membuatmu makin boros. Padahal, kamu tetap bisa fokus untuk tetap mengelola keuangan dengan cara yang tepat.

Melansir dari laman Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Rabu (20/4/2022), tingginya kebutuhan selama bulan Ramadan harus disikapi dengan bijaksana.

Baca juga: Bisa Digunakan di Jalur Mandiri PTN, Catat Jadwal Daftar KIP Kuliah 2022

Alasan harus menabung di bulan Ramadan

Anak-anak muda bisa mengalokasikan sejumlah dana dalam tabungan menjadi aktivitas poistif yang perlu dilakukan secara rutin.

Jangan sampai moment bulan Ramadan ini justru menjadikan kamu jadi kalap dan sulit untuk menabung. Ada beberapa alasan mengapa mahasiswa harus tetap menabung di bulan Ramadan. Mau tahu apa saja alasannya? Mari simak bersama informasi berikut in:

1. Pengeluaran selama bulan Ramadan menurun

Selama Ramadan kamu hanya perlu makan sehari 2 kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Sedangkan jadwal makan siang tentunya akan dilewatkan selama bulan Ramadan.

Baca juga: Forisa Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Ayo Daftar

 

Hal ini secara otomatis akan membuat pengeluaranmu juga menurun. Hal-hal yang dipangkas dari makan siang, bisa dialokasikan dalam rekening tabungan. Sehingga tabunganmu justru bisa meningkat selama bulan Ramadan.

2. Ramadan = Rencanakan Ulang Keuangan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.