Kompas.com - 24/04/2022, 08:41 WIB
|

KOMPAS.com - Pada akhir pekan, keluarga biasanya menghabiskan waktu bersama untuk berjalan-jalan.

Namun selain jalan-jalan, ada banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan di rumah. Apalagi bagi orangtua dengan anak usia dini yang sedang ingin tahu tentang banyak hal.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan orangtua dengan anak yakni bermain sains yang menyenangkan.

Melansir dari akun Instagram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Sabtu (23/4/2022), memberikan contoh bermain sains yang menyenangkan bagi anak usia dini.

Baca juga: Aplikasi PeduliLindungi Dinilai Langgar HAM, Ini Tanggapan Pakar Unair

Kata sains berasal dari bahasa latin scientia yang berarti pengetahuan. Secara umum sains diartikan sebagai peningkatan pengetahuan dan pemahaman lingkungan yang didasarkan pada pengumpulan atau observasi terhadap data-data atau penelitian.

Bermain sains pada anak usia dini bertujuan untuk menumbuhkan sikap kritis, maupun rasa ingin tahu melalui percobaan-percobaan yang menyenangkan.

Kegiatan eksperimen yang dilakukan dalam bermain sains bukan untuk mengetahui benar atau salah suatu kejadian. Penekanan kegiatan ini yaitu pada pengembangan keterampilan dasar untuk membantu anak belajar dan memahami dunia melalui kegiatan yang menyenangkan.

Berikut beberapa kegiatan sains yang menyenangkan yang bisa dicoba orangtua bersama anaknya:

1. Bermain dengan balon

Bahan yang digunakan:

  • Cuka
  • Baking soda
  • Botol kosong
  • Balon

Baca juga: Universitas Terbaik di Kaltim Versi Webometrics 2022, Unmul Nomor Satu

Cara membuatnya: Masukkan cuka ke dalam botol yang kosong, lalu masukkan baking soda ke dalam botol. Tempelkan mulut botol kepada lubang balon dan anak bisa melihat hasilnya udara yang mengisi ruang kosong dalam balon memberikan tekanan pada balon sehingga balon bisa mengembang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.