Kompas.com - 27/04/2022, 19:00 WIB

KOMPAS.com - Penulisan curriculum vitae (CV) bagi pencari kerja penting untuk dipahami.

Pasalnya, CV yang tepat akan mempermudah untuk lolos ke tahap selanjutnya. CV yang menarik, bisa menjadi nilai tambah bagimu agar dilirik perusahaan.

Rezza Citraini, human resources development (HRD) di PT. Exacom Abadi Sentosa membeberkan tips menulis CV sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Citra sapaan karibnya, mengenalkan perbedaan antara CV dan resume. Menurutnya, secara garis besar keduanya sama-sama digunakan untuk melamar pekerjaan. Namun, keduanya memiliki perbedaan dalam hal isi.

Baca juga: Ekonom Unair Menilai Kebijakan Bantuan Subsidi Upah Kurang Tepat

“CV tidak ada batasan, tapi CV yang ideal umumnya hanya dua sampai tiga lembar sudah cukup. Kemudian perbedaan lainnya antara CV dan resume adalah kalau resume hanya satu lembar saja, lalu ada bagian referensi yang mencantumkan kontak-kontak tertentu seperti dosen pembimbing atau atasan jika sempat magang selama menjadi mahasiswa,” ujarnya dilansir dari laman Universitas Airlangga (Unair) saat mengisi webinar yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa D-IV Teknologi Laboratorium Medis Fakultas Vokasi Unair.

5 Kesalahan saat membuat CV

Citra menyebut lima kesalahan saat membuat CV yang harus diperhatikan para mahasiswa sebelum melangkah ke dunia kerja.

Typo

Pertama, typo. Hindari penulisan CV dengan kesalahan penulisan. Hal ini lantaran ketelitian sangat diperhitungkan dan dinilai bagi HR. Menurut Citra seorang HR sangat menilai ketelitian dari CV yang masuk seleksi. “Ketikan sangat dinilai,” tuturnya.

Baca juga: ITB Career Center: Persiapan yang Harus Dilakukan untuk Masuk Dunia Kerja

Format CV terlalu kreatif

Kedua, membuat CV dengan format terlalu kreatif dan tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.