Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen UM Surabaya: Lansia Hendak Puasa, Cek 6 Hal Ini agar Fit

Kompas.com - 20/04/2022, 12:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap muslim di bulan Ramadan diwajibkan untuk berpuasa baik laki-laki atau perempuan.

Beberapa golongan yang diperbolehkan tidak berpuasa adalah musafir atau seseorang yang dalam perjalanan, ibu hamil, ibu menyusui, lanjut usia (lansia), orang yang sedang sakit.

Sementara bagi lansia, jika ingin berpuasa dan tidak berpotensi menjadi sakit, diperbolehkan untuk berpuasa.

Tim Pengajar Divisi Gerontik Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Siti Aisyah membagikan enam tips untuk lansia tetap sehat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan.

“Pertama adalah jangan lupa sahur. Bagi lansia yang berpuasa, sahur sangat penting karena dengan sahur kecukupan gizi pengganti dapat terpenuhi. Konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat sebagai sumber energi, protein dari lauk pauk dan sayuran, untuk menghindari dehidrasi minum air putih yang cukup 8 gelas sehari,”jelas Aisyah dilansir dari laman UM Surabaya.

Baca juga: Peneliti IPB: Tanaman Herbal Ini Berkhasiat Redakan Asam Urat

Selain itu lansia juga penting memilih makanan saat berbuka, dan dianjurkan tidak makan berlebihan.

Makanan berlebihan dapat mengganggu pencernaan terutama makanan yang mengandung lemak. Menu berbuka diisi makanan yang seimbang, konsumsi makanan utama, nasi, lauk, termasuk buah dan sayuran.

Hindari makan gorengan, makanan asin, makanan tinggi gula saat berbuka. Makanan tinggi gula dan berlemak dapat menyebabkan kelesuhan dan keletihan di esok harinya, selain itu dapat meningkatkan berat badan lansia.

Sebaiknya lansia menghindari makanan yang mengandung garam karena dapat meningkatkan rasa haus saat berpuasa.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengontrol selalu kesehatan. Selama berpuasa sebaiknya lansia selalu mengontrol kesehatannya terutama, BB, TD, gula darah dan kolesterol.

“Pemeriksaan ini dapat dilakukan secara mandiri, sehingga apabila terjadi perubahan TD, gula darah dapat dilakukan tindakan secara preventif agar lansia dapat kembali melanjutkan puasa di hari berikutnya,”imbuhnya lagi.

Baca juga: Ahli Gizi Unair: Begini Cara Menjaga Kadar Kolesterol Selama Puasa

Penting untuk minum air putih yang cukup. Kebutuhan air putih bagi tubuh sangat penting karena ketika kebutuhan cairan dalam tubuh tercukupi kita dapat terhindar dari dehidrasi saat berpuasa.

Kebutuhan konsumsi air putih bagi lansia adalah 8 gelas sehari. Selain air putih lansia dapat pula mendapatkan cairan dari kuah sayur, juice dan buah-buahan, namun air putih lebih dianjurkan untuk mengganti cairan yang hilang saat berpuasa.

Selain itu mengisi waktu luang dengan aktivitas ringan juga diperlukan. Aktivitas ringan sangat penting untuk lansia karena dengan beraktivitas sistem metabolisme dalam tubuh akan berjalan dengan baik.

Juga melatih keseimbangan tubuh, mencegah hipertensi, mengurangi risiko diabetes, terhindar dari keletihan, dan mencegah osteoporosis.

Saat berpuasa lansia cenderung memiliki waktu panjang menunggu waktu berbuka puasa, kegiatan aktifitas ringan dapat dilakukan oleh lansia diantaranya meningkatkan ibadah, sholat dan mengaji, mendengarkan murrotal, membantu kegiatan di dapur, berkebun, mengisi TTS, bermain puzzle. Tidur yang cukup tetap dibutuhkan selama 7-8 jam sehari.

Baca juga: Buka Puasa Makan Junk Food, Ahli Gizi UM Surabaya Beberkan Akibatnya

Terakhir adalah olahraga ringan. Kurang lebih selama 12 jam tubuh tidak mendapatkan suplay makanan, olahraga tetap dibutuhkan lansia saat berpuasa agar tubuh tetap bugar, untuk itu lansia perlu melakukan olahraga ketika berpuasa.

“Hal-hal yang perlu diperhatikan saat berolahraga yaitu lakukan olahraga setelah kegiatan berbuka, karena pada waktu tersebut tubuh sudah mendapatkan suplay makanan, atau 30 - 60 menit menjelang berbuka dan jenis olahraga yang dapat dipilih adalah olahraga dengan intensitas ringan,”tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com