Kompas.com - 28/04/2022, 13:00 WIB

 

KOMPAS.com - Jurusan berbau teknologi informasi (IT) sering kali diminati para calon mahasiswa yang memilih prodi saintek.

Sebab, jurusan teknologi terkenal memiliki pembelajaran yang berkutat pada komputer dan aktivitas pemrograman (coding) yang butuh ketelitian.

Alih-alih demikian, Departemen Sistem Informasi (SI) justru banyak mempelajari ragam ilmu lewat pendekatan sosial humaniora (soshum).

Kepala Departemen Sistem Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Mudjahidin mengatakan prodi sistem informasi ITS merupakan prodi yang mempelajari cara menjembatani penyedia produk IT dengan penggunanya.

Baca juga: 5 Jenis Pekerjaan Paling Dibutuhkan di Metaverse, Mahasiswa Harus Tahu

"Dalam hal ini, mahasiswa SI akan mempelajari metode untuk menyesuaikan produk IT dengan kebutuhan pengguna produk," jelasnya dilansir dari laman ITS.

Mudjahidin mencoba memberi contoh. Jika IT merupakan sebuah rumah makan, mahasiswa SI memiliki peran sebagai seorang pramusaji.

Tentunya, pramusaji perlu memahami hidangan yang dimasak oleh koki serta jenis santapan yang diinginkan konsumen.

“Jadi, pramusaji bertugas menyelaraskan keinginan pelanggan dengan jenis masakan hasil olahan koki,” tutur dosen ini.

Di sisi lain, pada praktik perkuliahan, Mudjahidin mengungkapkan bahwa mahasiswa SI akan tetap mempelajari ragam mata kuliah seperti Algoritma dan Pemrograman, Pemrograman Berbasis Web, hingga Rancang Bangun Perangkat Lunak.

Dalam aspek soshum, mereka akan mempelajari pendekatan bisnis lewat mata kuliah Analitika Bisnis, Manajemen Proses Bisnis, Sistem Enterprise, Kecerdasan Bisnis, Rintisan Bisnis Digital, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.