Kompas.com - 02/05/2022, 16:24 WIB
|

KOMPAS.com - Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022 yang selalu diperingati tiap 2 Mei sangat spesial karena juga bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Meski dirayakan bertepatan dengan hari libur Idul Fitri, tak menyurutkan semangat dari Hari Pendidikan Nasional itu sendiri.

Para siswa tentu tahu, bahwa Bapak Pendidikan Nasional adalah Ki Hadjar Dewantara. Hardiknas ini juga selalu dirayakan untuk mengenang jasa Ki Hadjar Dewantara bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Tak hanya dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantara ini juga mempunyai sisi menarik lainnya yang perlu diketahui generasi muda Indonesia.

Baca juga: 10 Kota Paling Nyaman bagi Pelajar Berikut Kampus Terbaiknya

Para siswa bisa menjadikan sisi lain dari Ki Hadjar Dewantara sebagai sebuah inspirasi agar bisa mencetak prestasi yang sama di masa mudanya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut sisi lain Ki Hadjar Dewantara yang menarik untuk disimak.

Pernah menjadi Menteri Pendidikan di era Soekarno

Setelah banyak membantu masyarakat Indonesia dalam mengenyam pendidikan dan Indonesia menyatakan merdeka, Ki Hadjar Dewantara diangkat menjadi Menteri Pendidikan oleh Presiden Soekarno.

Berkat ketulusan hatinya dalam membangun bangsa Indonesia dengan pemikirannya dan jerih payahnya membuat sistem pendidikan, Ki Hadjar Dewantara dianugerahi gelar Bapak Pendidikan Nasional.

Baca juga: UKDW Yogya Gagas Inovasi Penanggulangan Bencana yang Inklusif

Semboyan Ki Hadjar Dewantara

Hingga saat ini semboyan Ki Hadjar Dewantara tetap dipakai sistem pendidikan di Indonesia. Semboyan tersebut, yakni:

1. Ing Ngarso Sung Tulodo yang mempunyai arti di depan memberi contoh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.