Kompas.com - 29/05/2022, 18:27 WIB
|

KOMPAS.com - Terkadang, ada anak yang tak mau lepas dari orangtuanya. Padahal, ada teman sebayanya yang mengajak bermain. Tapi si anak tetap nyaman bersama ortu.

Anak yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan kemampuan dalam bersosialisasi biasanya terjadi karena beberapa faktor. Sehingga anak masih enggan untuk menerima lingkungan mainnya sebagai tempat belajar dan menambah wawasan pengetahuannya.

Pada anak usia dini, hubungan sosial tercipta karena kemampuan bermain dengan lingkungan. Seiring waktu kemampuan sosial emosional akan menjadi meningkat sesuai usia dan perkembangan anak.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Usia Dini

Anak mengalami kemajuan dari tahap bermain sendiri menuju tahap bermain secara kelompok. Namun pada kenyataannya ada beberapa anak yang tidak mau bergaul atau bermain bersama dengan beberapa sebab baik berasal dari diri anak sendiri maupun dari lingkungan.

Penyebab dari anak antara lain, faktor fisik dimana anak yang mengalami kekurangan menyebabkan menarik diri dari lingkungan bermainnya.

Adapun faktor dari luar adalah beberapa sikap orangtua yang terlalu otoriter terhadap anak karena kekhawatiran yang berlebihan atau sebab lain.

Atau bisa juga orangtua yang tidak memiliki inisiatif saat melihat anak belum mau bermain dengan teman-temannya.

Penyebab lain adalah anak yang mengalami ketidaknyamanan saat bermain bersama, karena sering diejek, dicemooh dan sebagainya sehingga menarik diri dari pergaulan.

Jika dibiarkan, hal ini dapat bersifat permanen jika orangtua atau guru tidak mampu mencari solusi yang tepat dan akan merugikan dalam perkembangan sosial dan emosional anak.

Baca juga: 6 Tips Memilih Alat Permainan Edukatif bagi Anak Usia Dini

Melansir laman Ruang Guru PAUD Kemendikbud Ristek, berikut ini beberapa solusi jika anak tak mau bergaul:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.