Kompas.com - 16/06/2022, 15:16 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bermain adalah salah satu cara memberikan stimulasi bagi anak. Namun yang perlu diingat adalah mainan harus diberikan sesuai dengan usianya.

Sehingga tidak hanya sekadar bermain dan hati menjadi happy tapi juga ada tujuan yang bisa dicapai saat anak asik dengan mainannya.

Menurut Psikolog Klinik Anak dan Remaja Cecilia Sinaga, memberikan mainan pada anak tidak ada batasan usia. Bahkan di usia nol bulan pun bisa diberikan.

Cecilia juga mengajak agar anak bisa bermain sedini mungkin. Orangtua jangan beranggapan karena anak masih kecil sehingga tidak perlu diajak bermain dan berinteraksi.

"Dengan orangtua berinteraksi dengan anak sejak mereka kecil bisa membangun suasana hati anak, bisa membangun mood anak. Dalam hal ini orangtua tidak hanya memberikan mainan saja tapi juga hadir utuh untuk anak," terang Cecilia dalam acara talkshow yang diadakan Toys Kingdom bersamaan dengan pemberikan mainan edukatif untuk PAUD di Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (16/6/2022).

Baca juga: PAUD di Sikka Dapat Bantuan APE, Dukung Pembelajaran Lebih Optimal

Manfaat mainan bagi anak

Cecilia menerangkan, saat memberikan mainan kepada anak, orangtua juga harus bijaksana dengan menyesuaikannya dengan usia anak.

Cecilia mengungkapkan, mainan yang diberikan sesuai umur ini bertujuan untuk mendukung perkembangan anak. Khususnya dalam 4 hal perkembangan anak yakni kognitif, fisik dan sosio-emosional anak.

Manfaat mainan untuk melatih kognitif anak karena bisa menstimulasi daya pikir dan daya ingat, mengasah kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas berpikir.

Manfaat mainan untuk melatih fisik anak karena dengan bermain bisa menstimulasi gerak tubuh anak, melatih kesimbangan, fokus dan konsentrasi anak.

Sedangkan mainan yang melatih sosio-emosional bisa meningkatkan rasa percaya diri, empati, interaksi sosial, bekerja dalam tim, melepaskan stres hingga mengungkapkan perasaan yang terpendam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.