Kompas.com - 26/06/2022, 19:07 WIB

KOMPAS.com - Bullying atau penindasan di tempat kerja, bisa terjadi kapan saja dan dimana saja.

Apalagi, bagi kamu yang saat ini merupakan fresh graduate harus tahu betul cara mengantisipasi perilaku bullying di tempat kerja.

Secara umum, workplace bullying adalah serangkaian perilaku yang dilakukan secara sengaja dan berulang untuk mengintimidasi, menjatuhkan atau menyakiti orang lain di tempat kerja.

Contohnya kekerasan fisik, verbal, pengucilan atau pemboikotan, sabotase pekerjaan, dan lainnya. Workplace bullying bisa dilakukan secara langsung, maupun secara online seperti di media sosial atau mengirim pesan teks di Whatsapp grup atau pribadi.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Stres di Tempat Kerja dari Alumni UGM

Lalu, bagaimana cara untuk menghadapi workplace buying? Psikolog Klinis Dewasa Tara de Thouars, berbagi tips untuk menghadapi workplace bullying bagi para pekerja, khususnya fresh graduate.

1. Jangan takut, tetap tenang

Pelaku bullying seringkali ingin memancing reaksi dan merasa senang bila target menunjukkan rasa kesal atau terluka karena tindakan mereka.

"Cobalah melatih diri, batasi emosi yang berlebihan, tenangkan diri agar kita tidak bereaksi dan merasa buruk terhadap diri sendiri," ujar Tara de Thouars, saat mengisi webinar bertajuk 'Creating Positive Vibes at Work: Tolerance is Key' oleh Unilever, Jumat (26/6/2022). 

2. Atasi masalah secara langsung

Coba bicara dan tegaskan pendapat atau perasaan kamu saat berkomunikasi dengan pelaku.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.