Kompas.com - 03/07/2022, 11:37 WIB
|

KOMPAS.com - Tak hanya anak remaja saja, tetapi perundungan atau bullying juga bisa tejadi pada anak usia dini. Bahkan pada siapa saja dan di mana saja.

Tentu, dampak dari perundungan bisa mengakibatkan pemikiran dan mental anak menjadi terganggu sehingga mereka rentan untuk mengalami stres.

Bahkan ke depannya bisa saja anak menjadi lemah dan kurang percaya diri dalam melakukan suatu tindakan atau mengambil keputusan dalam hidupnya. Serta masih banyak dampak negatif lainnya.

Baca juga: Ini Manfaat dan Tujuan Bermain bagi Anak Usia Dini

Pastinya tidak ada orang tua yang ingin anaknya menjadi korban perundungan atau menjadi pelaku perudungan itu sendiri.

Upaya pencegahan perundungan

Melansir akun Instagram Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbud Ristek, Sabtu (2/7/2022), berikut ini 7 upaya pencegahan perundungan pada anak usia dini:

1. Pengasuhan positif

Pengasuhan positif menjadi kunci terbentuknya anak menjadi pribadi yang positif dan memiliki rasa percaya diri anak, sehingga anak tidak menjadi pelaku dan tangguh dalam menghadapi aksi perundungan.

2. Beri teladan baik

Tentunya, apa yang dilakukan orang tua selama di rumah dapat menjadi perhatian anak dan dapat membentuk sikap anak.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Anak Usia Dini

Melalui teladan orang tua yang baik, anak dapat mengembangkan empatinya, misalnya: ketika orang tua membantu tetangga yang sedang kesusahan atau memerlukan bantuan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.