Kompas.com - 25/07/2022, 17:49 WIB

KOMPAS.com - Kesehatan dan kebersihan gigi dan mulut wajib diperhatikan. Karena mulut menjadi gerbang utama seseorang mendapatkan nutrisi dalam kehidupan sehari-hari.

Gigi dan mulut yang sehat juga memengaruhi kualitas hidup seseorang. Selain rajin menggosok gigi, hal yang perlu diperhatikan lainnya adalah dengan melakukan deteksi secara mandiri.

Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Netty Suryanti mengatakan, penting bagi masyarakat untuk rutin melakukan deteksi mandiri kondisi gigi dan mulutnya.

Deteksi mandiri ini diperlukan sebagai bentuk antisipasi dini terhadap kemungkinan munculnya kelainan yang ada di gigi dan mulut.

"Jadi bisa mendeteksi segera. Sehingga kalau ada suatu kelainan di gigi atau mulut kita, kita bisa segera tahu dan bisa datang langsung konsultasi ke dokter gigi," terang Netty seperti dikutip dari laman Unpad, Senin (25/7/2022).

Baca juga: Intip 5 Kampus Swasta di Yogyakarta dan Akreditasinya

Permasalahan gigi dan mulut perlu ditangani sedini mungkin

Netty mengatakan, permasalahan pada gigi dan mulut perlu ditangani sedini mungkin. Jika tidak, kondisi bisa semakin parah atau muncul permasalahan lain. Salah satunya adalah gigi yang sakit dapat menjadi fokal infeksi di tempat lain.

"Biasanya ada luka terbuka di dalam mulut. Dari situ bakteri masuk ke pembuluh darah dan membawa bakteri ke anggota tubuh yang lain," papar Netty.

Selain itu, sakit di gigi dan mulut juga dapat menimbulkan ketidaknyamanan yang bisa dirasakan penderitanya, antara lain:

1. Kesulitan mengunyah makanan.

2. Kesulitan berbicara

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.