Kompas.com - 27/07/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Setiap mahasiswa yang baru lulus kuliah pasti ingin langsung bekerja. Apalagi, bekerja di perusahaan idaman yang sudah ternama.

Namun sebagai fresh graduate yang belum memiliki banyak pengalaman dalam melamar pekerjaan, kamu harus berhati-hati ketika ada lowongan pekerjaan yang mencurigakan.

Terutama, saat ini adalah era dimana kamu bisa dengan mudah mencari dan melamar pekerjaan melalui platform online, baik situs website ataupun email.

Meski mudah, nyatanya kamu harus tetap berhati-hati dengan pihak-pihak yang berniat menipu dengan berkedok sebagai perusahaan besar.

Jika kamu mencari di mesin pencarian, pengalaman tertipu lowongan kerja palsu marak terjadi. Bahkan, ada pelamar yang ditipu dengan cara diperas atau disuruh mengirim sejumlah uang.

Baca juga: Agar Dilirik Perusahaan, Hindari 5 Kesalahan Ini di CV

Oleh sebab itu, dilansir dari laman career center Institut Teknologi Telkom Purwokerto, kenali ciri-ciri lowongan kerja palsu yang harus dihindari.

Ciri-ciri lowongan kerja palsu

1. Ada biaya di awal

Perusahaan yang meminta biaya di awal bagi para calon pekerjanya adalah modus yang paling mudah ditebak.

Jika ada perusahaan yang meminta biaya di awal sebagai syarat untuk mengikuti tes atau wawancara, sebaiknya hindari. Bila perlu laporkan kepada pihak berwajib agar modus penipuan lowongan kerja dapat dituntaskan.

Meskipun pihak perusahaan yang meminta biaya di awal sudah pasti adalah perusahaan ‘bodong‘, belum tentu kamu bisa langsung menolaknya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.