Kompas.com - 22/08/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Efek samping sering facial, perlu diperhatikan bagi para perempuan dan laki-laki yang suka merawat diri. 

Sering melakukan facial dampaknya bisa sangat buruk bagi wajah. Bahkan, bisa tidak memberikan hasil yang signifikan.

Dosen Fakutas Kedokteran (FK) UM Surabaya Neny Triastuti sekaligus dokter kecantikan menjelaskan ada jangka waktu tersendiri untuk melakukan facial.

Perlu dipahami, facial adalah treatment mengangkat sel lapisan kulit mati, mengembalikan keseimbangan minyak di kulit, mengeluarkan komedo, serta melembutkan kulit.

Menurut Neny secara umum, terdapat beberapa tahapan yang dilakukan dalam rangkaian facial seperti cleansing, memijat wajah, eksfoliasi dan ekstraksi komedo.

“Yang paling bagus jika orang berusia di bawah 18 tahun tidak perlu melakukan facial. Pasalnya, kulit pada usia tersebut hanya membutuhkan perawatan yang baik untuk menghasilkan kulit wajah yang sehat,” tegas Neni, dilansir dari laman UM Surabaya. 

Baca juga: Lampu Dimatikan Saat Tidur Cegah Kegemukan, Ini Kata Dosen UM Surabaya

Sedangkan mereka yang berusia di atas 18 tahun, tetapi masih di bawah usia 30 tahun maka bisa mendapatkan facial sebanyak dua bulan sekali.

Bagi mereka yang memiliki umur diatas 30 tahun, treatment tersebut dapat dilakukan satu bulan sekali.

Efek samping sering facial

Menurut Neny jika melakukan facial sebanyak 2-3 minggu sekali atau bahkan satu minggu sekali, hal tersebut merupakan tindakan yang berlebihan dan dapat menimbulkan efek samping. Berikut efek samping sering facial

1. Membuat pori-pori membesar

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.