Kompas.com - 23/08/2022, 11:04 WIB
|

KOMPAS.com - Anak usia dini biasanya ada yang terlambat dalam berbicara. Hal ini wajar dan sudah umum terjadi di masyarakat. Sehingga orangtua tidak perlu khawatir.

Tapi, jika anak Anda terlambat bicara, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti lebih sering mengajak anak berkomunikasi.

Meskipun anak belum mampu merespons dengan kata-kata, orang tua sebaiknya terus mengajak anak untuk berbincang dan bercerita.

Baca juga: Begini Cara Ajarkan Anak Usia Dini Belajar Matematika

Salah satunya dengan menceritakan apa yang telah dialami sehari-hari atau membacakan cerita dari buku.

Melansir akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (22/8/2022), ini 6 hal yang harus dilakukan orangtua.

6 hal yang harus dilakukan saat anak terlambat bicara

1. Gerak-gerik anak diperhatikan

Saat memasuki usia 1 tahun, si kecil sebenarnya sudah mengerti banyak kata, tetapi belum mampu mengucapkannya. Orang tua dapat lebih memperhatikan gerak-gerik anak untuk memahami maksudnya.

2. Harus sering mengajak anak berbicara

Meskipun anak belum mampu merespons dengan kata-kata, orang tua sebaiknya terus mengajak anak untuk berbincang dan bercerita.

Baca juga: 4 Cara Menumbuhkan Jiwa Gotong Royong Anak Usia Dini

Salah satunya dengan menceritakan apa yang telah dialami sehari-hari atau membacakan cerita dari buku. Ini bisa dilakukan ketika anak terlambat bicara.

3. Beri respons menyenangkan saat mengajak anak berbicara

Ketika si kecil memulai sebuah kata apapun, orang tua dapat memberikan respons yang antusias.

Namun, ketika ada kata-kata yang kurang tepat dalam pengejaan atau pengucapannya orang tua tidak perlu langsung mengoreksi kata-kata tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.