Kompas.com - 16/09/2022, 08:03 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.comSMAN 8 Yogyakarta berhasil menduduki posisi pertama sekolah terbaik se-Yogyakarta berdasarkan nilai UTBK 2022 yang diumumkan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) pada Jumat (26/8/2022).

Dari daftar yang dikeluarkan, SMAN 8 Yogyakarta mendapat nilai 628,538, dari total puluhan ribu sekolah yang mengikuti penilaian.

Sedangkan posisi nasional, SMAN 8 Yogyakarta berada di peringkat 11 menjadi sekolah terbaik di Indonesia.

Baca juga: Profil SMA Labschool Kebayoran, SMA Swasta Terbaik di Jakarta

Berdasarkan pencapaian tersebut, menarik untuk mengetahui lebih lanjut profil SMAN 8 Yogyakarta. Dengan begitu, semakin mengetahui strategi sekolah dalam mencapai prestasinya, fasilitas penunjang kualitas siswa, metode pembelajaran, dan lain-lain.

 

Berdasarkan rangkuman Kompas.com, alamat SMAN 8 Yogyakarta terletak di Jl. Sidobali No. 1, Muja Muju, Umbulharjo, Yogyakarta. Dahulu banyak orang mengenal SMAN 8 Yogyakarta sebagai Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan 10 atau Delayota.

Sekolah ini berdiri pada 18 Desember 1973, sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 235/O/1973. Pendirian SMAN 8 Yogyakarta berbarengan dengan 33 SMPP lainnya di Indonesia.

Pada 8 Januari 1974, kegiatan belajar mengajar SMPP 10 Yogyakarta (SMAN 8 Yogyakarta) menempati gedung baru berlantai 2.

Adapun penyelenggara kegiatan proses belajar mengajar di SMAN 8 Yogyakarta diserahkan ke SMAN 5 Yogyakarta yang waktu itu dipimpin oleh R. Muh. Solihin, dengan jumlah siswa sebanyak 196 orang yang terbagi dalam 5 kelas.

Pada 1 April 1975, sebanyak 21 guru dan 12 karyawan tata usaha resmi dimutas dari SMAN 5 Yogyakarta ke SMAN 8 Yogyakarta (SMPP 10 Yogayakarta).

Pada tahun pelajaran 1976, SMAN 5 Yogyakarta dipindahkan ke lokasi baru, yakni di Desa Tinalan, Kecamatan Kotagede, Yogyakarta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.