Kompas.com - 19/09/2022, 18:47 WIB

KOMPAS.com - Platform Rapor Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Platform rapor pendidikan ini diluncurkan Kemendikbud Ristek dalam Merdeka Belajar episode 19 yaitu Rapor Pendidikan Indonesia.

Lantas sebenarnya apa itu platform Rapor Pendidikan ini? Melansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, seperti ini penjelasan mengenai platform rapor pendidikan Kemendikbud dan perbedaannya dengan rapor mutu.

Baca juga: Fitur PBD Rapor Pendidikan Bantu Sekolah Susun Perencanaan Dana BOS 2023

Sebelumnya satuan pendidikan di Indonesia telah melaksanakan Asesmen Nasional tahun 2021. Kini satuan pendidikan maupun pemerintah daerah dapat melihat hasil Asesmen Nasional melalui platform Rapor Pendidikan.

Perbedaan rapor pendidikan Kemendikbud dan rapor mutu

Rapor Pendidikan adalah platform yang menyediakan data laporan hasil evaluasi sistem pendidikan sebagai penyempurnaan rapor mutu sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa Rapor Pendidikan ini memiliki sejumlah perbedaan dibandingkan Rapor Mutu. 

Rapor Mutu mengukur 8 indikator capaian pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan data yang bersumber dari Dapodik dan hasil penginputan langsung oleh sekolah melalui aplikasi EDS.

Sedangkan Rapor Pendidikan mengukur indikator yang disusun berdasarkan input, proses, dan output pendidikan yang diturunkan dari delapan Standar Nasional Pendidikan.

Baca juga: Nadiem Pastikan Semua Sekolah Dapat Dana BOS, Tanpa Syarat Jumlah Siswa

Satuan pendidikan juga tidak melakukan pengisian (input) data ke aplikasi. Namun data diambil dari berbagai sistem dan sumber data yang sudah ada, seperti Dapodik, SIMPKB, AN, BPS, dan sumber lain yang relevan.

Terdapat dua jenis Rapor Pendidikan yaitu:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.