Kompas.com - 01/11/2022, 09:14 WIB
|

KOMPAS.com - Teknologi yang ada sekarang tentu tak ada di zaman manusia purba. Bahkan peralatan manusia purba juga masih sangat sederhana karena menggunakan bahan dari alam.

Bagi siswa yang masih sekolah dan sedang belajar tentang manusia purba, maka berikut ini informasi yang dirangkum dari laman Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Kemendikbud Ristek.

Di Indonesia sendiri, nenek moyang manusia Indonesia diperkirakan hidup 1,5 juta tahun yang lalu di pulau Jawa yang bermigrasi dari benua Afrika.

Tentunya, perjalanan manusia purba ini tidak singkat, tetapi melalui proses panjang dari generasi ke generasi hingga menghuni serangkaian pulau di selatan kepulauan Indonesia dari Jawa hingga ke Flores.

Baca juga: Siswa, Yuk Mengenal 5 Klaster di Situs Manusia Purba Sangiran

Sedangkan terkait teknologi, tentu menjadi salah satu unsur budaya manusia yang memegang peran penting dalam proses evolusi manusia.

Berkat teknologi, manusia mampu berkompetisi dengan makhluk lain dan berhasil mengatasi seleksi alam. Bahkan melalui teknologi, manusia kemudian mampu menguasai alam.

Manusia purba Indonesia meninggalkan beberapa bukti teknologi berupa artefak alat-alat batu sederhana, seperti bola batu, alat-alat serpih (fakes), kapak pembelah (cleaver), serut (scraper) serta kapak batu.

Sejumlah perkakas batu yang telah diidentifikasi oleh para arkeolog sebagai karya manusia purba, ditemukan antara lain di Pacitan, Sangiran, Ngandong (Jawa Tengah) kemudian di luar Jawa yaitu Cabengge (Sulawesi Selatan), dan daratan Flores Tengah dan Barat.

Sesungguhnya situs-situs paleolitik di Indonesia sudah cukup banyak ditemukan, namun yang akan dibahas meliputi wilayah Pacitan, Sangiran dan Ngandong di Jawa, Sulawesi hingga Flores.

Peralatan manusia purba dari berbagai daerah

1. Alat batu purba dari Pacitan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.