Kompas.com - 21/11/2022, 10:37 WIB

KOMPAS.com – Universitas Udayana (Unud) menduduki posisi pertama sebagai kampus terbaik di kota Denpasar, Bali berdasarkan penilaian Lembaga pemeringkatan universitas dunia Quacquarelli Symonds (QS) Asia University Rankings (AUR) 2023, pada Selasa (8/11/2022).

Menurut QS AUR 2023, ada sebanyak 40 universitas di Indonesia yang masuk kriteria pemeringkatan. Total universitas yang masuk dalam pemeringkatan sejumlah 760 universitas yang berasal dari universitas terbaik dan terbesar di Asia yang meliputi reputasi akademis dan pemberi kerja, jumlah staf yang memegang gelar PhD, dan persentase siswa internasional.

Unud sendiri berhasil menyabet kampus terbaik di wilayah Denpasar dalam pemeringkatan yang dilakukan oleh QS AUR 2023 tersebut, yang menduduki peringkat ke 501-550 se-Asia dan urutan ke-16 di Indonesia.

Baca juga: 13 BUMN Buka Magang Mahasiswa S2/S3 yang di Luar Negeri, Ada Uang Saku

Unud unggul dari universitas lain di Bali berdasarkan 11 indikator yang digunakan oleh QS AUR yakni indikator academic reputation, employer reputation, faculty/student ratio, staff with a PhD, papers per faculty, citations per paper, international research network, international faculty, international students, inbound exchange students, dan outbound exchange students.

Lokasi kampus Universitas Udayana

Keberhasilan Unud tersebut merupakan hal menarik untuk mengetahui lebih dalam tentang kampus terbaik di Bali, menyangkut profil singkat, fakultas, dan program studi (prodi) yang tersedia. Ini dapat menjadi rekomendasi bagi kamu yang sedang mencari informasi kuliah di Bali.

Unud terletak di jalan Raya Kampus Unud, Bukit Jimbaran, Kuta Selatan, Badung, Bali. Kampus yang mengusung semboyan “Unggul, mandiri, dan berbudaya” ini berdiri pada 17 Agustus 1962, tepat pada HUT Kemerdekaan Indonesia yang ke-17.

Baca juga: Hasilkan 1.921 Jurnal Internasional, Kemendikbud Apresiasi Mahasiswa PMDSU

Unud sendiri dikenal sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) tertua yang ada di daerah Provinsi Bali, dengan lambang universitas bernama Widya Cakra Prawartana yang artinya perputaran roda ilmu pengetahuan berdasarkan Pancasila.

Sebagai universitas PTN tertua, Unud memiliki misi menyelenggarakan pendidikan tinggi yang bermutu, memiliki etika dan moral, berintegritas yang tinggi sesuai tuntutan masyarakat lokal, nasional, dan internasional.

Selain itu, Unud juga aktif dalam mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengembangkan teknologi, dan budaya bagi kesejahteraan masyarakat. Juga berupaya menghasilkan karya yang inovatif dan prospektif bagi kemajuan Unud dan perekonomian nasional.

Baca juga: Indonesia Posisi Ke-81 dari 111 Negara di Indeks Kecakapan Bahasa Inggris

Fakultas dan prodi S1 di Universitas Udayana

Universitas yang sangat terkenal di Bali ini memperoleh akreditasi “A” berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 193/SK/BAN-PT/Ak-ISK/PT/V/2022. Berikut fakultas dan prodi untuk jenjang sarjana (S1) yang tersedia di UI.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.