Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/01/2023, 16:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai libur akhir tahun, siswa atau pelajar harus kembali ke sekolah. Karena itu butuh tips semangat belajar.

Namun ketika kita merasa malas belajar, maka kita dapat melakukan hal-hal yang dapat memotivasi kita untuk menambah semangat belajar.

Melansir laman SMK PGRI Sukodadi, motivasi dalam meningkatkan semangat belajar dibagi menjadi dua, yaitu motivasi internal dan motivasi eksternal.

Motivasi internal merupakan motivasi yang berasal dari dalam diri individu sendiri. Motivasi ini memang lebih sulit ditumbuhkan dibanding motivasi eksternal.

Baca juga: Ini 7 Tips Belajar Efektif dan Efisien

Tetapi jika seseorang telah berhasil menumbuhkan motivasi internal dalam dirinya, maka kepercayaan diri akan terbentuk sehingga akan menimbulkan sikap positif dan sadar akan kebutuhan dirinya dalam belajar.

Sedang motivasi eksternal merupakan motivasi yang berasal dari luar diri individu yang mampu mempengaruhi diri individu.

Motivasi eksternal bisa berasal daari lingkungan, sosial, penghargaan atau hukuman, teman, peran orang tua dalam mendidik anak serta masih banyak hal lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar seseorang.

11 tips semangat belajar bagi siswa

1. Membuat target

Untuk mencapai tujuan, maka kamu harus membuat target yang ditulis. Tulis target yang harus kita capai pada kertas lalu tempelkan pada tempat-tempat yang sering kita melihatnya.

Seperti lemari, dinding kamar atau bisa juga ditulis di buku agenda atau diarimu.

2. Tunda kesenangan

Tunda terlebih dahulu kesenangan kamu, tetapi ganti dengan melakukan perjuangan belajar menuntut ilmu, Meski rasanya pahit, tetapi jika kita telah menjalaninya maka kita akan merasakan kenikmatannya.

Belajar itu menyenangkan karena kita akan bisa mengerti apapun yang ingin kita katahui. Bahkan belajar bisa dari mana saja.

Baca juga: 4 Tips Belajar Efektif bagi Mahasiswa

3. Berteman dengan orang yang semangat belajar

Jika ada teman yang semangat belajar, maka hal itu bisa menjadi jalan baik bagi kamu. Sebab, teman yang bersemangat dalam belajar sangat mempengaruhi kita.

Sehingga melihatnya menjadikan kita ingin mencontohnya. Aura positif yang ditimbulkan dapat menular.

4. Mengatur waktu belajar

Mengatur waktu akan menjadikan diri kamu berlatih disiplin serta tidak bertingkah semaunya sendiri atau sesuai hati.

Mungkin ketika kamu sedang patah hati, padahal besok akan ujian maka kamu tidak belajar. Hal ini yang harus dihindari karena belajar tetap harus berjalan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com