Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkatkan Kemampuan Motorik Halus, Ajak Anak Ikuti Kegiatan Seru Ini

Kompas.com - 21/02/2023, 08:30 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pernahkah orangtua menyetel video YouTube BaLiTa yang menampilkan sosok gajah, monyet, dan burung yang bernyanyi bersama? 

Kini ketiga hewan lucu ini mengajak semua anak Indonesia ikut mewarnai bersama. Lewat event  “Lomba Mewarnai bersama Balita” kontes ini bisa diikuti anak dengan usia 3 hingga 9 tahun yang akan berlangsung di seluruh toko Gramedia se-Indonesia.

Acara yang digelar penerbit KPG, bersama Penerbit Kiddo, dan BaLiTa akan diadakan mulai dari tanggal 5 Maret 2023 di banyak daerah.

Mulai Gramedia Jakarta Mal Cijantung, Gramedia Padang Damar, Gramedia Lampung Boemi Kedaton, Gramedia World BSD City pada 5 maret 2023.

Baca juga: 10 Kegiatan Sederhana untuk Melatih Motorik Halus Anak Usia Dini

Lalu, 12 Maret 2023 di Gramedia Jakarta Mal Daan Mogot, Gramedia Cikupa dan 19 Maret 2023 di Gramedia Maumere Kesehatan, Gramedia Batam City Square.

Gambar-gambar yang ada pada lomba ini diambil dari karakter buku Seri Balita Cerdas karya Chitra Astriana. Lomba mewarnai ini akan terus berlangsung hingga akhir tahun.

Tiap peserta berkesempatan untuk mendapatkan total hadiah sebesar jutaan rupiah, bersama dengan trofi, sertifikat, boneka BaLiTa, dan Buku Cerita BaLiTa.

Juga, ada hadiah spesial untuk 10 pembeli buku Seri BaLiTa saat pelaksanaan lomba. Untuk mengikuti lomba ini, para peserta cukup mengeluarkan biaya pendaftaran sebesar Rp 55.000 (sudah termasuk buku BaLiTa, Crayon Oil Pastel Greebel, dan stiker KIDDO).

Lomba mewarnai ini juga menjadi momentum KPG, Kiddo, dan BaLiTa untuk memperkenalkan buku terbaru dari Seri Balita Cerdas yaitu Mewarnai Balita Cerdas: Kebiasaan Baik yang telah terbit pada 2 Februari 2023.

Buku Mewarnai Balita Cerdas: Kebiasaan Baik yang merupakan buku yang mengajak anak-anak bagaimana cara bersikap dan berbuat baik, serta menjadikannya kebiasaan.

Aktivitas mewarnai serta cerita dan karakter yang dikemas secara menyenangkan, akan membuat anak dapat belajar tanpa merasa digurui.

Baca juga: Bisa Bikin Stunting, Dosen UM Surabaya: Ini 8 Bahaya Bayi Diberi Kopi

Seri Balita Cerdas adalah kumpulan buku-buku edutainment karya Chitra Astriana bersama dengan suaminya Yon Tanto sebagai pencipta karakter-karakter yang ada di Seri Balita Cerdas.

Terdapat 3 karakter utama dalam buku ini, yaitu Baba, Lili, dan Tata, yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Baba si Gajah pemalu yang sabar, berhati besar, setia tetapi melankolis, dan sedikit penakut. Lalu, ada Lili si Burung pintar, kritis, dan yang paling dewasa di antara dua karakter lainnya.

Juga, ada Tata si Monyet pemberani yang periang, dominan, dan berjiwa pemimpin, tetapi temperamen, dan sedikit nakal. Semua karakter tersebut akan selalu hadir menemani anak dan orang tua dalam masa eksplorasi dan proses belajar anak.

Chitra, sang penulis mengatakan buku ini adalah wujud dari pengamatannya selama mengasuh si buah hati.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com