Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/03/2023, 23:23 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan tubuh adalah suatu keharusan. Apalagi bagi para mahasiswa yang merantau atau menjadi anak kos.

Jika tubuh sehat, maka segala aktivitas bisa berjalan dengan baik termasuk kuliah menjadi lancar. Untuk itu, anak kos perlu menjaga asupan makanannya.

Salah satunya ialah asupan protein. Protein ialah sumber gizi penting yang membangun organ, otot, kulit dan hormon. Tubuh manusia membutuhkan protein untuk menjaga dan memperbaiki jaringan.

Perlu diketahui, anak-anak membutuhkan zat protein untuk proses pertumbuhan. Tidak hanya itu, nutrisi ini dapat menjadi penyumbang kalori pada makanan.

Baca juga: 9 Perbedaan Sekolah dan Kuliah, Info bagi Calon Mahasiswa

Meski demikian, jumlah protein yang dibutuhkan oleh tubuh bervariasi, tergantung pada jenis kelamin, berat badan, usia dan kondisi kesehatan seseorang.

Namun kenyataannya, penelitian menunjukan jika konsumsi protein mampu menurunkan berat badan dan lemak perut sekaligus meningkatkan massa dan kekuatan otot.

Maka tak heran bagi para atlit umumnya menambah konsumsi protein mereka. Selain itu, diet tinggi protein juga mampu melawan diabete, menurunkan tekanan darah, dan masih banyak lagi manfaatnya.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mulai mencukupi konsumsi protein setiap hari melalui makanan yang kaya akan protein.

Melansir laman Ma'soem University, berikut ini 9 makanan sumber protein yang penting bagi tubuh:

Makanan sumber protein

1. Telur

Telur punya kandungan protein tinggi. Dalam putih telur yang mengandung protein rendah kalori dan dianggap mendekati protein murni ini cocok bagi diet.

Namun, walau kuning telur dan putih telur memiliki kandungan protein yang tinggi, tetapi kalori kuning telur cukup tinggi (61 kalori). Jadi jika ingin mengonsumsi protein tinggi rendah kalori, cukup konsumsi 2 putih telur.

2. Semua jenis ikan

Tentunya, semua jenis ikan mengandung protein. Seperti ikan salmon yang kandungan 22 persen protein dengan kalori yang rendah.

Selain itu, ikan tuna mengandung 27 gram protein dan 128 kalori dalam satu kaleng (ukuran 142 gram).

Baca juga: PPSDM Itera: Ini Tips Menjaga Kesehatan Mental bagi Mahasiswa

3. Susu

Adapun makanan sumber protein berikutnya ialah susu. Minuman ini dikenal sebagai minuman yang kaya akan protein. Dalam satu cangkir susu sapi terkandung 8 gram protein dan 149 kalori.

Bagi yang alergi laktosa, dapat mengonsumsi susu kedelai dengan kandungan 6,3 gram protein dan 105 kalori dalam cangkir yang sama.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com