Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ikut Uji Kompetensi Kursus Tata Rias Pengantin, Perhatikan 4 Hal Ini

Kompas.com - 19/05/2023, 16:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pada program Pendidikan Kecakapan Kerja (PKK) maupun Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW), kursus tata rias pengantin (TRP) menjadi salah satu kursus terbanyak yang menerima bantuan pemerintah.

Maka tak heran jika kursus tersebut termasuk dalam kursus terfavorit yang diminati banyak orang. Sebab, berprofesi menjadi makeup artist (MUA) memiliki peluang bisnis yang bagus.

Tak hanya itu saja, jika dari awal sudah memiliki ketertarikan di dunia rias, maka ada banyak peluang usaha yang bisa dijalankan.

Meski demikian, untuk mendapatkan sertifikat perias, tentu saja peserta didik harus mengikuti uji kompetensi terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Membuat Donat Lezat dan Bisa Dijual, Info Ditjen Vokasi

Adapun uji kompetensi ini sangat penting karena untuk menguji keterampilan sekaligus menambah kepercayaan klien terhadap perias.

Melansir laman Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (19/5/2023), Niniek Kurnia Pramesti selaku Pimpinan LKP Andini, Jombang, Jawa Timur memberikan penjelasan terkait apa saya yang perlu diperhatikan jika ikut uji kompetensi tata rias pengantin.

Hal-hal yang perlu diperhatikan

1. Menguasai materi TRP

Hal yang terpenting adalah pahami dengan baik semua materi yang diajarkan dalam kursus tata rias pengantin.

Kuasai teknik-teknik dasar, seperti aplikasi foundation, eyeshadow, eyeliner, lipstik, dan lainnya. Pelajari juga teknik-teknik khusus seperti riasan pengantin tradisional dan modern.

Niniek menjelaskan, kursus TRP ini juga mempelajari rencana anggaran biaya (RAB), menguasai dan menata rambut/hijab pengantin, serta memakaikan busana pengantin.

Baca juga: Ditjen Vokasi: Ini Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

2. Harus latihan dan praktik dengan model

Tentunya, praktik adalah kunci untuk menguasai keterampilan tata rias. Dengan sering latihan ataupun praktik, kamu akan menjadi lebih terbiasa, apalagi jika menggunakan model.

Sebelum uji kompetensi, luangkanlah waktu untuk berlatih riasan sesuai dengan hal yang akan diujikan. Contohnya, jika rias pengantin sunda, maka berlatihlah riasan tersebut.

3. Tetap up to date tren makeup terkini

Tak hanya itu saja, kamu juga harus tetap up to date dengan tren tata rias pengantin terkini. Pelajari tren dan gaya terbaru dalam industri tata rias pengantin.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com