Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Ayam Goreng Crispy ala LKP Jogja Culinary School

Kompas.com - 30/05/2023, 10:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu makanan yang digemari masyarakat Indonesia adalah ayam goreng. Bahkan ada varian ayam goreng tepung yang renyah atau krispi.

Ayam goreng krispi juga banyak penggemarnya. Tak heran jika banyak rumah makan yang selalu menyajikan ayam goreng krispi.

Kenapa orang suka dengan ayam goreng krispi? Tentu karena rasa dan kerenyahannya yang membuat orang suka akan jenis olahan ayam tersebut.

Tapi, bagaimana caranya membuat ayam goreng tepung agar renyah dan krispi?

Baca juga: Cara Membuat Donat Lezat dan Bisa Dijual, Info Ditjen Vokasi

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Minggu (28/5/2023), LKP Jogja Culinary School melalui Chef Gungun Chandra membagikan tips membuat ayam goreng crispy.

Tips membuat ayam goreng crispy

1. Siapkan dulu potongan ayam

Adapun langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mempersiapkan potongan ayam.

Pilih potongan ayam yang memiliki lemak lebih banyak untuk hasil yang lebih renyah dan lezat. Bersihkan ayam dengan air dan keringkan dengan handuk kertas.

2. Buat bumbu marinasi ayam

Tentunya untuk menciptakan ayam yang kaya akan rasa, maka penting sekali memarinasi ayam dengan bumbu terlebih dahulu.

Caranya campurkan bawang putih cincang, garam, lada, paprika bubuk, bawang bubuk, dan kaldu ayam bubuk dalam sebuah mangkuk.

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Anggrek, Info Ditjen Vokasi

Lumuri ayam dengan bumbu marinasi dan gosok-gosok hingga merata. Lalu diamkan ayam dalam bumbu marinasi selama minimal 30 menit.

3. Ayam dilapisi dengan tepung

Ini yang membedakan ayam goreng renyah dengan jenis sajian ayam lainnya, yaitu menggunakan teknik pelapisan tepung. Pelapisan tepung pada ayam adalah kunci untuk menciptakan lapisan luar yang renyah dan crispy.

Caranya campurkan tepung serbaguna, tepung maizena, paprika bubuk, garam, dan lada dalam sebuah wadah.

Celupkan ayam yang sudah direndam dalam bumbu marinasi ke dalam campuran tepung, pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi dengan baik.

4. Digoreng dengan teknik yang tepat

Usai ayam sudah terlapisi tepung inilah saatnya untuk menggoreng ayam tersebut. Tapi tidak sembarang asal menggoreng. Atau harus dengan teknik yang tepat.

Caranya panaskan minyak dalam wajan dengan suhu sekitar 160-180 derajat celcius atau dengan api kompor sedang.

Goreng ayam secara perlahan dalam minyak panas hingga keemasan dan renyah di kedua sisi. Angkat ayam goreng dan tiriskan minyak berlebih dengan meletakkannya di atas kertas minyak atau tisu dapur.

5. Ayam goreng krispi siap disajikan

Setelah ayam sudah tergoreng, maka ayam goreng krispi sudah dapat disajikan. Chef Gungun menyarankan agar menyajikan ayam goreng dengan irisan lemon atau saus. Nikmati ayam goreng dengan segera untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca juga: Ditjen Vokasi: Ini Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Jadi itulah tips membuat ayam goreng crispy yang bisa dicoba siapa saja, tak hanya masyarakat umum, tapi siswa atau mahasiswa yang suka memasak bisa mencobanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com