Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2023, 15:39 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber UGM

KOMPAS.com - Seseorang yang ingin menurunkan berat badan biasanya melakukan diet. Maka dari itu dibutuhkan tips diet sehat agar mendapatkan hasil yang baik.

Tapi, ada berbagai jenis diet. Seperti diet rendah karbohidrat, intermitten fasting, diet vegan, diet ketogenik, dan lainnya.

Menurut Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Rahadyana Muslichah, S.Gz., M.Sc., diet harus dilakukan dengan memperhatikan kondisi tubuh dan melalui pendampingan dari profesional seperti ahli gizi.

Diet yang berhasil dilakukan pada satu individu tidak lantas bisa diterapkan pada individu lainnya, tentu karena masing-masing individu memiliki kebutuhan harian yang berbeda.

Baca juga: 11 Tips Diet Sehat bagi Mahasiswa

Diet untuk menurunkan berat badan tidak boleh sembarangan seperti mengikuti cara yang berhasil dipakai orang lain.

"Jadi tidak bisa meniru program diet yang populer dilakukan karena program diet sebisa mungkin personalized dengan mempertimbangkan kondisi klien," ujarnya dikutip dari laman UGM.

Adapun program diet direkomendasikan dibuat khusus untuk individu itu sendiri dengan tetap memperhatikan panduan gizi seimbang.

Selain itu juga program yang disusun aman dilakukan atau tidak sampai mengganggu fungsi tubuh serta tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-hari secara optimal.

"Kondisi setiap orang itu berbeda-beda, ada kondisi kesehatan yang menyertai di setiap orang. Bisa jadi misal diet A itu cocok untuk seseorang, tetapi tidak cocok atau tidak aman untuk tubuh orang lain," jelas ahli gizi UGM ini.

Tips diet sehat

Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM ini menjelaskan mengenai tips diet sehat bagi seseorang, yakni bisa dijalankan secara konsisten. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menurunkan berat badan dengan mengombinasikan diet dan olahraga.

Diet dilakukan dengan menerapkan pengurangan asupan kalori setelah menghitung kebutuhan harian tubuh. Lalu, mengatur porsi makan mengikuti panduan gizi seimbang.

"Diet itu bukan berarti harus menghindari berbagai jenis makanan. Sebab, semua jenis zat gizi tetap diperlukan tubuh, hanya saja porsi makannya diatur sesuai prinsip gizi seimbang," tutur dia.

Baca juga: 9 Makanan Rendah Kalori, Cocok bagi Mahasiswa Sedang Diet

Maka dari itu, ia menjelaskan agar memilih protein rendah lemak misalnya, ikan, daging putih, telur, dan susu rendah lemak.

Selain itu, variasikan pemenuhan kebutuhan karbohidrat. Misalnya tidak hanya dengan nasi putih saja, tetapi divariasikan dengan bahan pangan lain seperti singkong, ubi, atau beras merah yang mengandung serat. Tak lupa perbanyak konsumsi sayur dan buah.

Jika ingin tips diet sehat maka bisa memilih camilan sehat yaitu dengan kandungan rendah kalori. Untuk pilihan camilan rendah kalori yang bisa dikonsumsi saat diet seperti buah buahan yang bisa diolah dalam bentuk jus ataupun buah potong.

Halaman:
Sumber UGM


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com