Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia, Berikut Contohnya

Kompas.com - 01/08/2023, 11:47 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Siswa SMA/MA yang belajar mata pelajaran Geografi, seperti ini persebaran flora dan fauna di Indonesia.

Tapi sebelumnya, siswa harus paham apa itu flora dan fauna? Tentu flora dan fauna adalah salah satu penghuni di muka bumi.

Dilansir dari laman gramedia.com, pengertian flora adalah tanaman. Secara umum, flora adalah semua jenis tumbuhan atau tanaman yang ada di dunia.

Istilah kata flora berasal dari bahasa latin. Yaitu dari kata flora yang memiliki arti “alamat tumbuhan dan nabatah”. Flora dapat diartikan sebagai sekelompok tanaman atau tumbuhan.

Baca juga: Faktor yang Mempengaruhi Persebaran Flora dan Fauna

Sedangkan fauna adalah hewan. Pengertian secara umum adalah segala jenis hewan yang hidup di dunia. Kata fauna berasal dari bahasa latin. Kata tersebut memiliki arti alam hewan.

Di dalam mitologi Romawi, fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus. Hal itu berarti bahwa sebagai roh yang baik hutan dan daratan.

Persebaran flora dan fauna di Indonesia

Untuk persebaran flora dan fauna di Indonesia, informasi dirangkum dari laman SMAN 13 Semarang Jawa Tengah.

Persebaran flora di Indonesia

Persebaran flora (tanaman) Indonesia dapat dibagi menjadi 3 yaitu flora Indonesia bagian barat, Indonesia bagian tengah dan Indonesia bagian timur. Berikut adalah penjelasannya:

1. Flora Kawasan Barat (bercorak asiatis)

Adapun flora di kawasan barat memiliki corak yang sama dengan flora Asia atau dinamakan asiatis. Jenis flora ini bisa ditemukan di pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Flora di wilayah ini biasanya berada di hutan hujan tropis yang didominasi oleh pohon yang tinggi dan besar. Pohon–pohon ini membentuk tajuk yang terdiri dari banyak lapisan dan biasanya memiliki tinggi 45 meter dan akan meninggi setiap tahunnya.

Baca juga: Siswa Yuk Kenali Keanekaragaman Flora dan Fauna Asli Papua

Selain pohon–pohonan, terdapat juga berbagai jenis macam bunga yang tumbuh di hutan hujan tropis di kawasan Barat Indonesia seperti bunga Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai dan bunga anggrek.

2. Flora Kawasan Peralihan (Wallace)

Untuk wilayah peralihan (Wallace) berada di pulau Sulawesi, Nusa Tenggara, dan Maluku. Jika dilihat dari letak pulaunya, flora di kawasan peralihan memiliki karakteristik tanaman yang dapat bertahan hidup di iklim kering dan dengan suhu yang relatif cenderung panas.

3. Flora Kawasan Timur (bercorak Australis)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com