Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Menu Makan Siang Sederhana tapi Bergizi untuk Anak Sekolah

Kompas.com - 06/09/2023, 09:27 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Menjalani aktivitas sehari-hari butuh asupan makanan yang sehat dan bergizi. Apalagi bagi pelajar yang banyak aktivitasnya.

Tak hanya sarapan, makan siang juga penting bagi seorang pelajar. Baiknya, berikan makan siang yang bergizi, hindari memilih makanan yang siap saji.

Dilansir dari laman Stikes Husada Borneo, Jumat (25/8/2023), ada beberapa pilihan menu makan siang sederhana dalam penyajiannya tetapi tetap bergizi.

Baca juga: Simak 4 Manfaat Olahraga bagi Pelajar/Mahasiswa

Menu makan siang sederhana

1. Sayur asem

Hidangan tradisional ini tentu kaya akan rasa dan nutrisi. Orangtua bisa membuatnya dengan cepat dari bahan-bahan sederhana.

Cara membuat sayur asem ini ialah dengan merebus air hingga mendidih dan memasukkan sayuran serta belimbing wuluh dalam panci.

Masak hingga sayuran setengah matang. Tambahkan gula dan garam sesuai selera. Kemudian masukkan potongan tomat dan larutan asam jawa ke dalam rebusan sayuran.

Biarkan sayur matang sempurna dan bumbu meresap. Kamu bisa merasakannya sesuai selera.

2. Omelet

Tentu omelet adalah makanan serba guna yang cepat dan mudah dibuat. Orangtua hanya perlu telur dan sedikit bahan tambahan untuk menciptakan hidangan lezat dan bergizi ini.

Cara membuatnya ialah dengan mengocok telur bersama susu, garam, dan merica di dalam mangkuk.

Kemudian panaskan sedikit minyak di atas wajan anti lengket. Tuang adonan telur ke dalam wajan. Tambahkan sayuran dan keju parut di atasnya. Biarkan bagian bawah telur matang dan berubah warna keemasan.

Lipat omelet menjadi dua bagian, sehingga isian tersembunyi di dalam. Masak sebentar hingga bagian dalam telur matang sempurna.

3. Oatmeal

Sedang pilihan menu makan siang sederhana tapi bergizi ialah oatmeal. Tentu oatmeal kaya akan karbohidrat yang sangat dibutuhkan untuk menghasilkan energi.

Untuk cara membuatnya cukup sederhana yaitu panaskan susu atau air hingga mendidih. Tuang oatmeal ke dalam mangkuk, lalu tuangkan susu atau air panas di atasnya.

Aduk-aduk hingga merata dan oatmeal mengembang. Diamkan sejenak lalu tuangkan oatmeal ke dalam mangkuk saji, kemudian tambahkan potongan buah-buahan di atasnya.

Baca juga: 4 Cara Mengelola Screen Time, Mahasiswa Harus Bisa Menerapkannya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com