Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak 4 Manfaat Olahraga bagi Pelajar/Mahasiswa

Kompas.com - 03/09/2023, 11:02 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat akhir pekan, pelajar atau mahasiswa bisa memanfaatkannya untuk berolahraga. Sebab, olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Jika dilakukan secara optimal, konsisten, dan menyesuaikan dengan kemampuan, olahraga dapat memberikan beragam manfaat baik bagi tubuh.

Mulai dari memperlancar proses metabolisme, tubuh menjadi lebih bugar, dan dapat mencegah berbagai penyakit.

Maka dari itu, mumpun akhir pekan atau saat ada waktu luang, pelajar atau mahasiswa harus menyempatkan waktu sebentar untuk berolahraga.

Baca juga: Mahasiswa, Yuk Coba 4 Jenis Olahraga Ringan Menyehatkan

Jadi, saat sudah menyelesaikan tugas kuliah atau di sela aktivitas perkuliahan di kampus yang banyak duduk, maka tubuh butuh aktivitas fisik.

Dilansir dari laman resmi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Husada Borneo, berikut ini manfaat olahraga bagi mahasiswa.

Manfaat olahraga

1. Bisa mencegah obesitas

Jika kamu banyak makan, maka agar tidak menjadi timbunan lemak, maka harus diimbangi dengan aktivitas fisik. Tentu juga diimbangi makanan yang bergizi.

Hal ini bisa mencegah agar tidak obesitas. Maka dari itu, olahraga pun dapat menjadi solusi untuk mencegah penyakit ini.

Karena dengan aktivitas olahraga, kalori dalam tubuh dapat terbakar. Sehingga nantinya tubuh dapat kembali mengelola asupan secara baik dan optimal.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Dampak Buruk Kurang Olahraga

2. Turunkan risiko penyakit komorbid

Ada berbagai penyakit komorbid yang merupakan kondisi saat seseorang menderita dua atau lebih penyakit secara bersamaan. Terdapat berbagai kombinasi penyakit yang beresiko bagi tubuh, dan bersifat kronis.

Dengan adanya aktivitas fisik seperti olahraga, risiko terjadinya kondisi komorbid ini dapat diminimalisir. Tentu olahraga juga perlu diimbangi dengan konsumsi asupan bernutrisi.

3. Mengurangi stres

Adapun manfaat olahraga yang lain ialah dapat mengurangi stres. Maka, kamu bisa olahraga senam, lari, berenang, dan berbagai jenis olahraga lainnya.

4. Tidur jadi lebih berkualitas

Tak hanya itu saja, manfaat yang diperoleh ialah mampu membuat tubuh terasa lebih rileks dan emosi dapat dikontrol dengan lebih stabil.

Maka, nantinya bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Karena usai berolahraga tubuh butuh istirahat. Asalkan kamu jangan tidur kemalaman.

Baca juga: 4 Jenis Olahraga Ringan bagi Mahasiswa yang Sibuk

Manfaat olahraga ini, tentunya perlu diseimbangkan pula dengan kebiasaan pola hidup sehat. Mulai dari mengonsumsi makanan bergizi, membentuk kebiasaan mencuci tangan, dan rutin melakukan aktivitas bersih-bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com