Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Sehat di Musim Pancaroba dari Dosen Unesa

Kompas.com - 14/11/2023, 08:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unesa

KOMPAS.com - Beberapa wilayah di Indonesia sudah diguyur hujan lebat. Cuaca yang tadinya panas kemudian berubah menjadi dingin karena hujan.

Apalagi jika sampai tubuh terkena air hujan, maka tubuh akan beradaptasi dengan perubahan cuaca ekstrem tersebut.

Maka dari itu, seseorang harus bisa menjaga kesehatan tubuh dan butuh tips sehat di musim pancaroba seperti sekarang ini.

Jika sudah memasuki musim pancaroba, maka bisa mengakibatkan daya tahan tubuh melemah dan rawan pilek hingga batuk-batuk.

Baca juga: 7 Cara Jaga Kesehatan Saat Cuaca Panas, Siswa Harus Coba

Agar tubuh bisa beradaptasi dengan perubahan cuaca ekstrem, Kaprodi S1 Gizi, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Dra. Veni Indrawati, M.Kes., membeberkan beberapa tips dalam menjaga kesehatan saat musim pancaroba.

Tips sehat di musim pancaroba

1. Jalani pola hidup sehat dan gizi seimbang

Hal pertama yang dilakukan ialah harus bisa menjalankan pola hidup yang sehat. Selain itu juga harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang.

"Cukupi kebutuhan tubuh akan zat gizi. Karbohidrat, protein, lemak dan perlu ditingkatkan. Konsumsi sayuran dan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, mineral dan serat. Jangan lupa mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup minimal 2 liter per hari," ujarnya dilansir dari laman Unesa.

2. Tidur yang cukup

Jika kamu suka begadang, maka kini harus dikurangi. Perhatikan bahwa tidur yang kurang bisa menurunnya kondisi fisik. Waktu tidur yang cukup minimal 8 jam per hari.

Pada saat tidur, sel-sel tubuh melakukan regenerasi dan memulihkan kondisi fisik yang sudah lelah beraktivitas seharian untuk mempertahankan kesehatan.

Baca juga: 9 Tips Sehat di Musim Kemarau, Siswa Harus Coba

3. Olahraga teratur

Tak hanya pola makan sehat, maka aktivitas fisik juga perlu diperhatikan. Untuk itu olahraga bisa dilakukan minimal 4 kali dalam satu minggu dengan durasi waktu minimal 30 menit.

Olahraga yang bisa dilakukan seperti jalan kaki, lari-lari kecil, naik sepeda, atau berenang. "Olahraga secara teratur merupakan kebiasaan agar tetap sehat fisiknya," terangnya.

4. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Adapun tips sehat di musim pancaroba berikutnya ialah bisa menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar.

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yakni mencuci tangan setelah beraktivitas, sebelum makan, dan setelah beraktivitas di toilet.

Mengganti pakaian dan mandi usai beraktivitas di luar rumah. Membersihkan lingkungan sekitar rumah agar bebas sampah dan genangan air.

Membersihkan seluruh ruangan di rumah secara rutin, termasuk tempat yang sulit dijangkau seperti bagian bawah lemari, langit-langit, dan sela-sela kusen jendela.

Baca juga: Ingin Jaga Ginjal? Terapkan 7 Gaya Hidup Sehat Ini

 

Jadi, beberapa hal itu bisa dilakukan ketika di musim pancaroba. Tentu agar tubuh terhindar dari risiko penyakit dan tubuh tetap sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com