Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Tenaga Kependidikan Indonesia Magang ke Melbourne

Kompas.com - 28/09/2018, 13:37 WIB
Kurniasih Budi

Editor

JAKARTA,  KOMPAS.com - Para juara ajang Apresiasi Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2017 mengikuti pelatihan di Munich University, Australia.

Para kepala sekolah dan pengawas sekolah tersebut diberangkatkan ke Australia untuk mengikuti pelatihan mulai 19 Agustus 2018 hingga 3 September 2018.

Kegiatan tersebut merupakan perwujudan dari kerja sama Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Munich University, Australia.

Kerja sama bertujuan meningkatkan mutu kepala sekolah dan pengawas sekolah. Program ini berupa magang bagi kepala sekolah dan pengawas sekolah dari Indonesia yang ditempatkan di beberapa sekolah di Melbourne.

Baca juga: Guru di Indonesia Berhak Atas Peningkatan Kompetensi

Program yang sudah dimulai sejak 2017 meliputi 3 tahapan. Pertama, kepala sekolah dan pengawas sekolah mengikuti program kesiapan di Indonesia.

Kedua, peserta program berangkat ke Melbourne, Australia untuk mengikuti magang di sekolah-sekolah Australia dan mengikuti training dan mentoring yang difasilitasi oleh akedemisi dan praktisi pendidikan dari Fakultas Pendidikan, Munich University Australia.

Ketiga, kepala sekolah dan pengawas sekolah Indonesia akan menerima kunjungan dari kepala sekolah Australia untuk membuat proyek perubahan (project for change) baik sekolah di Australia dan Indonesia.

Selama di Australia, sembilan sekolah setingkat sekolah dasar sampai sekolah menengah akan menjadi top host bagi 20 kepala sekolah dan pengawas sekolah Indonesia yang meliputi Carwhata College, Lyndale Greens Primary School, Clayton North Primary School, Oakleigh Grammar, South Oakleigh College, Mount Waverley Secondary College, Glen Waverley Secondary College, dan Knox School.

Baca juga: Guru Indonesia Harus Tingkatkan Kualitas Hadapi MEA

Kasubdit Kesejahteraan, Penghargaan dan Perlindungan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan (Dit Pembinaan Tendik), GTK Kemdikbud Anies Mucktiany mengatakan, kepala sekolah dan pengawas sekolah terlibat langsung bagaimana implementasi pembelajaran abad 21, integrasi STEM (science, technology, education, and mathematics), implementasi pendidikan karakter, pengembangan lingkungan belajar yang positif.

“Program ini menjadi salah satu program yang paling sukses yang kami lakukan dengan pihak Australia karena kepala sekolah dan pengawas sekolah terjun langsung ke sekolah-sekolah untuk melihat bagaimana kepala sekolah Australia mengimplimentasikan pembelajaran abad 21 dan hal lainnya,” kata Anies dalam pernyataan tertulis, Jumat (28/9/2018).

Kurikulum pendidikan Australia

Sebelum mengikuti program magang di sekolah, peserta dikenalkan dengan kurikulum sekolah Australia yang terdiri dari tiga komponen yang meliputi 8 mata pelajaran.

Dalam 8 mata pelajaran tersebut, kurikulum harus mencakup 7 kemampuan umum yang meliputi literasi, numerasi, ICT, berpikir kritis dan kreatif, etika, kemampuan personal dan sosial, pemahaman intercultural.

Selain itu, kurikulum juga mencakup prioritas lintas kurikulum atau cross curriculum priorities yang meliputi pemahanan sejarah dan kultur aborigin, sustainabilitas, dan pembelajaran mengenai Asia.

Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul Titik Sunarti menjelaskan, peserta program mendapatkan pengalaman yang sangat berharga karena bisa langsung berdialog dan mengikuti kegiatan kepala sekolah Australia dalam mengelola pembelajaran dan pengajaran.

Baca juga: Kualitas Tak Merata, Kemendikbud Bersiap Mutasi Guru dalam Satu Zona

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com