Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Literasi Numerasi yang Terabaikan di Keriuhan "New Normal" Pendidikan

Kompas.com - 09/06/2020, 22:27 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

 

Oleh : Hery Sutarto | Dosen Matematika, FMIPA Universitas Negeri Semarang

KOMPAS.com -Wabah Covid-19 mempengaruhi semua sektor kehidupan, tak luput pula dunia pendidikan. Guru, siswa, bahkan orangtua “dipaksa” melek teknologi dalam proses pembelajaran.

Belajar daring menjadi kata yang akrab dengan telinga kita. Platform-platform untuk belajar daring berusaha untuk dieksplore, mulai dari Zoom, Google Meet, Google Hangout Microsoft Team, sampai Facebook pun mengeluarkan aplikasi sejenis Messenger Room.

"Pemaksaan" ini pula yang memisahkan antara orang-orang yang siap dan mudah beradaptasi dan sisi sebaliknya yang selalu melihat sisi negatif dan kekurangan dari pembelajaran moda daring.

Banyaknya pilihan platform tersebut terkadang membuat kita disibukkan dengan belajar bagaimana menggunakan platform-platform tersebut.

Berusaha mengeksplor satu persatu apa yang ditawarkan dari aplikasi, tetapi sayanganya, terkadang konten dan esensi dari suatu pelajaran terabaikan.

Baca juga: I-4 Diaspora: Situasi Normal Baru di Korea, Apa Pelajaran Bisa Kita Dapatkan?

Sebagai contoh, pada bidang matematika, kemampuan-kamampuan bernalar, berpikir kritis dan pemecahan masalah, berpikir kreatif, kemampuan berkomunikasi, kemampuan melakukan suatu koneksi, dan kemampuan berkolaborasi yang merupakan kemampuan yang dibangun dari orang-orang yang belajar matematika (ruh) dapat dipertahankan?

Ataukan menjadi miskin akan kemampuan-kemampuan tersebut?

Transformasi "4C" ke "6C"

Sumber : https://corona.jatengprov.go.id/, tanggal 3 Juni 2020 pukul 6.26 WIBDOK. TANGGAP COVID JATENG Sumber : https://corona.jatengprov.go.id/, tanggal 3 Juni 2020 pukul 6.26 WIB

Kemampuan yang disebutkan sebelumnya dulu dikenal dengan 4C ability. Sekarang menyesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kini lebih dikenal dengan 6C ability: Computational Thinking, Creative Thinking, Critical Thinking, Collaboration, Communication, Compassion.

Banyak data-data yang disodorkan di depan mata kita setiap harinya tentang Covid-19 dan semua hal yang diakibatkannya, baik berupa grafik ataupun angka-angka selama masa pandemi.

Apakah kita tahu mengerti maksud dari grafik-grafik tersebut? Apakah kita tahu makna di balik angka-angka yang disajikan?

Yah semua hal ini bisa dijadikan sumber belajar pada masa pandemik dan atau pasca wabah usai.

Baca juga: Gerakan Sekolah Menyenangkan: Kurikulum Ketahanan Diri di Normal Baru Pendidikan

Sebagai contoh, apakah siswa-siswa kita, setidaknya untuk jenjang SD-SMP yang sudah belajar tentang persentase, ketika ditanya “Angka 37,48 persen pada kolom dirawat dengan kategori positif Covid-19. Didapat darimana dan apa maknanya?”

Apakah siswa kita mampu ketika diminta menyelesaikan “Ceritakan informasi apalagi yang kalian dapat ketika melihat sajian data di atas?”

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com