Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Fresh Graduate" Ingin Berkarier di Perusahaan Startup? Coba Tips Ini

Kompas.com - 06/01/2021, 12:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, banyak bermunculan perusahaan yang bergerak di bidang startup. Tentu karena kemajuan teknologi menjadikan peluang untuk usaha semakin terbuka lebar.

Tak heran jika banyak pula mahasiswa yang baru lulus kuliah atau fresh graduate kemudian berbondong-bondong mengirimkan surat lamaran kerja.

Ada pula yang memaksimalkan performa mereka saat wawancara agar dapat diterima bekerja di perusahaan startup.

Tetapi, sekedar diterima di perusahaan startup bukan menjadi jaminan karier akan meningkat pesat dengan sistem kerja yang santai.

Baca juga: Fresh Graduate, Pahami 3 Hal Ini agar Pewawancara Terkesan

Saat mulai bekerja di perusahaan startup, perkembangan yang progresif tentu akan dibutuhkan untuk bisa menaikkan jenjang karier.

Tapi, bagaimana caranya? Melansir laman Alumni UGM, Rabu (6/1/2021), berikut 3 tips membangun karier di perusahaan startup.

1. Belajar dari orang sekitar

Cara yang pertama ialah coba jadikan rekan kerja sebagai mentor sehari-hari. Perusahaan startup selalu memiliki orang-orang dengan kreativitas tinggi.

Maka, gali sedalam mungkin ilmu yang dimiliki oleh rekan kerja. Jangan pernah malu untuk bertanya dan mencoba hal baru. Karena area kerja akan sangat luas.

2. Punya inisiatif tinggi

Jika kamu bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang startup maka tidak akan terpaku pada jobdesk yang sudah ditentukan.

Beralih dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain adalah hal biasa di perusahaan startup. Oleh karena itu, penting untuk memiliki kepekaan dan inisiatif yang tinggi dalam bekerja.

Sehingga target dari project yang telah direncanakan dapat terealisasikan dengan maksimal pula.

3. Punya hasrat tinggi pada pekerjaan

Bekerja di perusahaan startup dituntut untuk menciptakan sesuatu yang revolusioner, karena tidak semua masyarakat dapat langsung mengerti dengan produk yang dihasilkan.

Maka dari itu, passion (gairah/hasrat) menjadi hal yang krusial saat berbicara tentang bagaimana cara untuk bertahan di tahap-tahap awal membangun perusahaan.

Bekerja secara antusias akan membiasakan diri dengan ritme pekerjaan yang tidak mengenal ruang gerak ini. Hal yang paling mendasar dalam bekerja adalah bagaimana bisa mencintai pekerjaan itu sendiri.

Hal ini menjadi elemen yang dibutuhkan untuk mengikuti langkah di perusahaan. Rasanya seperti merawat dan membesarkan anak untuk berkembang.

Baca juga: 4 Tips Permudah Dapat Kerja bagi Fresh Graduate Minim Pengalaman

Nantinya, kamu akan dituntut menaruh perhatian lebih besar pada entitas ini daripada diri sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com