Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar Membaca Lebih Menyenangkan lewat "Aku Sudah Besar Sekarang"

Kompas.com - 10/07/2021, 10:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

Penulis: Namira Putri Yudhitasari, Asisten Editor Buku Anak Penerbit BIP

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 merubah segalanya. Apalagi, urusan pendidikan pun menjadi berubah total selama pandemi.

Saat ini, semua pembelajaran di sekolah saja harus melalui daring atau online. Di tengah berjalannya sekolah daring, mempertahankan minat baca anak menjadi tantangan tersendiri.

Seringkali saat membaca dokumen-dokumen di layar, anak-anak terdistraksi atau merasa cepat lelah. Read aloud menjadi salah satu siasat jitu yang dapat diterapkan para orangtua di kala pandemi.

Baca juga: Ajari Anak Terbiasa Hidup Sehat lewat Tiga Karakter Lucu

Read aloud berbeda dengan mendongeng. Anak-anak tak hanya duduk diam dan mendengarkan, melainkan diajak membaca bersama. Aktivitas ini membuat anak tak sekedar “bisa” membaca, namun “mau membaca”.

Aku Sudah Besar Sekarang adalah pilihan tepat untuk memulai aktivitas read aloud bersama si kecil. Buku ini disusun dengan teks yang singkat dan ilustrasi penuh, membuat anak tidak akan kesulitan dalam membaca.

Ceritanya yang jenaka dan imajinatif sangat sesuai untuk anak usia 3-5 tahun. Beberapa bagian cerita mengajak anak membayangkan diri mereka ketika besar nanti.

Contohnya, bagaimana mereka tumbuh secara fisik dan apa yang akan terjadi di sekitar mereka seiring dengan pertumbuhan tersebut. Buku ini juga menceritakan perkembangan yang akan mereka alami secara mental.

Misalnya, timbulnya berbagai macam emosi, kata-kata, pikiran, dan perasaan. Seluruhnya digambarkan dalam perumpamaan sederhana yang mudah dipahami anak.

Buku Aku Sudah Besar Sekarang dirangkai dengan beberapa istilah yang dapat merangsang visualisasi dan rasa penasaran si kecil. Sebut saja perahu, balon udara, bulan purnama. Melalui buku ini, buah hati Anda tak hanya menguasai kemampuan membaca, namun juga mengenal banyak istilah baru beserta wujud-wujudnya.

Anak cenderung menyukai visual warna-warni dan teks berukuran besar. Buku ini memiliki kedua unsur tersebut sehingga mereka tak akan mudah mengalihkan perhatian.

Baca juga: Lewat Komik Ini, Anak Bisa Belajar Sains Lebih Seru di Rumah

Aku Sudah Besar Sekarang dapat dijadikan sebagai bahan read aloud bagi anak prasekolah. Sementara, para orangtua dapat membacakan buku ini untuk bayi di atas 4 bulan yang indra penglihatannya sudah sempurna.

Buku ini pun cenderung tipis, yakni 32 halaman saja sehingga tak akan membuat proses read aloud jadi membosankan.

Tertarik memulai read aloud pertama Anda dan si buah hati? Aku Sudah Besar Sekarang telah tersedia di toko Gramedia terdekat dan gramedia.com!

Tautan buku:
https://www.gramedia.com/products/aku-sudah-besar-sekarang

Promo Survei GramediaDOK. Gramedia Promo Survei Gramedia

Mau voucher diskon 20%?
Yuk cek disini http://bit.ly/voucher_artikel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com