Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kisah Mahasiswa Unesa, dari Hobi Desain Jadi Prestasi dan Dapat Cuan

Kompas.com - 27/02/2022, 19:38 WIB
Mahar Prastiwi

Penulis

KOMPAS.com - Siapa yang menyangka berawal dari hobi justru bisa menorehkan prestasi. Selain prestasi ternyata ada nilai plus lain yang diperoleh. Yakni bisa menghasilkan uang sendiri dari hobi tersebut.

Hal ini yang dirasakan mahasiswi Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Rizka Yolanda Putri Hariyanti. Mahasiswi Prodi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unesa ini kerap meraih prestasi dalam berbagai lomba desain poster.

Baru-baru ini Rizka juga berhasil meraih juara dua dalam Lomba Poster Nasional KPI UIN Tulungagung.

Baca juga: Banyak Dibutuhkan, Intip Prospek Kerja Prodi Tata Kelola Air Terpadu

Tekuni hobi membuat desain poster sejak SMA

Rizka ternyata sudah tertarik dengan bidang desain sejak duduk di kelas 11 SMA. Saat itu dia mengikuti lomba poster dalam rangka seleksi FL2SN tingkat kabupaten dan berhasil mendapat juara 2 dan akhirnya dikirim ke tingkat provinsi.

"Saat itu saya ditunjuk oleh guru seni budaya untuk mengikuti lomba poster seleksi FL2SN tingkat kabupaten Gresik," ujar Rizka seperti dikutip dari laman Unesa, Minggu (27/2/2022).

Saat pengumuman juara seleksi, Rizka berhasil meraih juara 2 tingkat kabupaten. Dia kemudian maju lagi dengan mengikuti seleksi FL2SN tingkat provinsi. Meski belum berhasil meraih juara, dari kompetisi itu Rizka justru tertarik mengikuti lomba poster.

Kegemarannya dalam mengikuti lomba poster ternyata berlanjut dan semakin terasah di tingkat perguruan tinggi. Hal ini dibuktikan dengan berbagai prestasi yang berhasil diraih selama menjadi mahasiswa Unesa.

Baca juga: Gempa di Pasaman Barat, Unand Kirim 3 Tim Bantu Penanganan Bencana

Gadis asal Menganti ini mengungkapkan, alasan yang mendasari dirinya mengikuti berbagai lomba. Selain memang karena hobi, dia juga ingin menambah ilmu dan mengembangkan kemampuan desain.

"Juara atau tidak, bagi saya tidak terlalu jadi prioritas, paling penting saya dapat apa dan pelajaran apa di setiap lomba. Karena, juara atau tidak juara, saya akan tetap ikut lomba," beber mahasiswi semester dua Unesa ini.

Berprestasi dan juga hasilkan cuan

Kecintaannya dalam desain poster, tidak hanya mengasilkan juara, tetapi juga mendatangkan cuan. Rizka memiliki usaha sendiri yang dirintis sejak SMA. Kemampuannya dalam desain poster ia terapkan untuk mempromosikan usahanya di berbagai media.

"Buka usaha sih sebenarnya karena pandemi dan coba-coba, ternyata disambut baik customer. Untuk promosi saya lakukan sendiri dan desain sendiri. Alhamdulilah jalan dan sekarang sudah tersedia di layanan GoFood atau Grab Food," terangnya.

Rizka menuturkan, tidak ada kiat lain untuk meraih prestasi dalam bidang desain poster selain terus belajar dan melatih diri secara konsisten. Selain itu, terus mencoba dan mengembangkan diri lewat berbagai lomba.

Baca juga: Bank Muamalat Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA/SMK-D3, Yuk Daftar

Dia berpesan saat mengikuti perlombaan, jangan memikirkan soal juara. Sebab, pikiran itu bisa berdampak pada turunnya motivasi dan bisa menyebabkan rawan putus asa.

"Kalau fokusnya ke juara, terus kita belum dapat juara, lama-lama kita bisa putus asa. Coba kita balik, fokusnya belajar, itu lebih berkelanjutan, juaranya nanti datang sendiri," katanya.

Cari ide menarik saat membuat desain poster

Selain itu, dalam desain, perlu memang mencari ide atau gagasan yang menarik. Diutamakan berangkat dari realitas atau permasalahan kehidupan sehari-hari.

Menurutnya, setiap karya baik itu menulis atau desain, terlebih dahulu bertanya, apa yang sebenarnya ingin disampaikan kepada pembaca atau audiens dengan karya ini. Selain itu pesan apa yang penting bagi mereka

"Paling penting, selalu optimis dalam berkarya, karya yang baik adalah yang mendatangkan manfaat bagi kita semua," imbuh Rizka.

Dalam setiap desain yang dibuat, Rizka kerap menampilkan sisi budaya lokal. Hal ini terlihat dalam lomba yang dia menangkan bertema 'Melestarikan Budaya Lokal dalam Media'.

Baca juga: Lowongan Kerja Bank BTN bagi Lulusan D3, Buruan Daftar

Selain itu, dia juga merancang poster bertema 'Mengobarkan Semangat Kepahlawanan di Era New Normal' yang kemudian membawanya menjadi juara tiga dalam Lomba Poster Nasional IMAGE pada Desember 2021 silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com