Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakultas Keperawatan Unair: Ini Tips Jaga Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 20/03/2022, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 belum berakhir. Karenanya, penting sekali menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Untuk itu, diperlukan cara menjaga kesehatan tubuh. Hanya saja, Anda harus konsisten dalam melakukannya. Hal ini perlu dibiasakan, mulai dari hal kecil seperti istirahat dengan cukup dan olahraga secara teratur.

Melansir laman Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair), berikut ini tips jaga kesehatan tubuh. Beberapa pola hidup sehat yang dapat Anda jalani yaitu:

1. Konsumsi makanan sehat

Hal utama ialah mengonsumsi makanan sehat setiap hari, termasuk makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral.

Sebagai sumber protein, Anda dapat mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka jenis ikan laut, dan ikan air tawar. Sementara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, Anda dapat memperolehnya dari nasi merah, oat, quinoa, dan roti gandum.

Baca juga: Tips Olahraga yang Tepat Saat Pandemi dari Stikes Panti Kosala

Selain itu bisa mengonsumsi aneka jenis sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kale, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu, terong, aneka jenis kacang-kacangan, serta paprika.

Sayuran mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Selain sayuran, aneka jenis buah juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat baik bagi Anda yang sedang menjalani diet.

2. Olahraga rutin

Cara menjaga kesehatan tubuh selanjutnya ialah tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga. Olahraga tak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga mampu mencegah dan mengelola masalah kesehatan yang diderita.

Seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, radang sendi, hingga kanker.

Untuk mendapatkan berbagai macam manfaat olahraga tersebut, disarankan untuk berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan waktu selama 20-30 menit setiap harinya untuk berolahraga.

3. Menjaga berat badan ideal

Jika kelebihan berat badan tentu dapat meningkatkan risiko berbagai jenis penyakit. Seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke, dan kanker, rentan untuk diderita penderita obesitas atau kelebihan berat badan.

Baca juga: Stikes Panti Kosala: Ini Manfaat Temulawak bagi Tubuh

Untuk mengontrol berat badan, Anda dapat melakukan pengecekan indeks masa tubuh (IMT).

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com