Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Kompas.com - 12/06/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Seorang Master of Ceremony (MC) atau pembawa acara tentu jago ngomong atau pintar dalam berkomunikasi.

Tapi itu saja tidak cukup, berbicara ternyata juga ada seninya. Seseorang yang memiliki kemampuan dalam berbahasa dan berbicara yang baik berpotensi lebih besar untuk sukses.

Mata tak heran jika kemampuan public speaking tidak hanya dibutuhkan oleh pembawa acara, moderator, dan lainnya. Justru setiap orang harus terampil berbicara di depan umum.

Sebab, berbicara di depan umum juga butuh keberanian dan percaya diri. Selain itu juga butuh hal-hal yang lain.

Baca juga: 4 Cara Merawat Bunga Anggrek, Info Ditjen Vokasi

Lantas, bagaimana meningkatkan kemampuan public speaking?

Melansir laman Ditjen Pendidikan Vokasi, Minggu (11/6/2023), Sasmiati Satya Widyastuti selaku Direktur Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) SAS Center, Magelang, Jawa Tengah memberikan tips atau cara agar bisa meningkatkan kemampuan public speaking.

Cara meningkatkan kemampuan public speaking

1. Olah vokal

Ketika berbicara di depan publik, yang tidak kalah penting adalah vokal. Tentu vokal menjadi salah satu kunci utama agar ucapan kita terdengar dengan jelas kepada pendengar.

Adapun vokal untuk MC di acara formal dan nonformal akan jauh berbeda. Oleh karena itu, penting sekali untuk belajar olah vokal.

Teknik olah vokal ada bermacam-macam. Ia menjelaskan salah satu olah vokal adalah pernapasan diafragma. Bagi kamu yang ingin mendapatkan suara vokal bulat maka teknik ini adalah jawabannya.

Kamu juga bisa melafalkan beberapa kata tapi dengan tone yang berbeda-beda, mulai dengan up tone, down tone, sampai dengan deep tone.

Baca juga: Cara Membuat Donat Lezat dan Bisa Dijual, Info Ditjen Vokasi

2. Latihan menyusun kalimat

Bagi yang masih sering belibet kalau berbicara, maka butuh teknik yang baik dalam menyusun kalimat.

Kamu bisa coba menggunakan satu kata lalu rangkai satu kata tersebut menjadi kalimat. Hingga akhirnya kamu bisa menceritakan kata tersebut secara detail.

Misal kamu dapat mencoba merangkai kata dari kata ‘Bunga’, maka kamu bisa menceritakan dan menggambarkan tentang bunga.

3. Mengolah gestur tubuh

Tak hanya olah vokal saja, kamu juga bisa olah gestur. Salah satu teknik yang bisa digunakan adalah berbicara di depan cermin. Berlatihlah di depan cermin untuk melihat dan memperbaiki gerakan tubuhmu.

Perhatikan posisi tangan, gerakan lengan, dan ekspresi wajahmu saat berbicara. Cobalah berbagai gerakan dan amati bagaimana hal itu mempengaruhi kesan.

Tentu latihan ini akan membantumu menjadi lebih sadar dan mengontrol gerakan tubuh saat berbicara di depan orang lain, apalagi di depan banyak orang.

4. Mengasah kemampuan dengan ikut kursus

Jika ingin benar-benar lancar, maka kamu juga bisa mengikuti pelatihan atau kursus public speaking.

Ada beberapa lembaga kursus dan pelatihan (LKP) yang menyediakan bidang keterampilan tersebut. Salah satunya adalah LKP SAS Center.

Baca juga: Ditjen Vokasi: Ini Cara Mengolah Limbah Rumah Tangga

Jadi itulah beberapa cara meningkatkan kemampuan public speaking agar lancar dalam berkomunikasi hingga mendorong orang untuk terus maju dan sukses.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com