Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kebiasaan Jadi Penyebab Obesitas, Info Dosen UM Surabaya

Kompas.com - 22/08/2023, 08:31 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Memiliki tubuh ideal pasti jadi dambaan setiap orang. Jangan sampai berat badan terus bertambah atau menjadi obesitas.

Tetapi, kini obesitas menjadi masalah dan tantangan serius dalam kesehatan masyarakat di seluruh dunia. Fenomena ini tidak hanya mengancam sistem kesehatan, tetapi juga berdampak pada tatanan sosial dan ekonomi.

Menurut Firman, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, memiliki kebiasaan tidak sehat memainkan peran penting dalam perkembangan terjadinya obesitas.

Maka dari itu, pemahaman tentang dampak negatif dari beberapa kebiasaan tidak sehat sangat penting bagi semua kalangan masyarakat.

Baca juga: Cara Mencegah dan Mengatasi Obesitas, Info Dosen UB

Dampak buruk dari kebiasaan risiko obesitas, juga memiliki efek jangka panjang yang serius terhadap kesehatan.

"Obesitas sering disebut ibu kandung dari segala penyakit, termasuk risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, gangguan pernapasan, dan kanker," ujar Firman, seperti dilansir dari laman UM Surabaya, Senin (21/8/2023).

Tentu, dia menjelaskan bahwa obesitas bisa disebabkan karena beberapa kebiasaan yang berisiko.

Pemahaman mendalam tentang faktor-faktor ini penting, untuk membuat masyarakat sadar, serta bisa mengatasi masalah obesitas secara efektif.

Kebiasaan jadi penyebab obesitas

Berikut ini beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan obesitas, yakni:

1. Pola makan

Kebiasaan yang paling sering berisiko terjadi obesitas adalah pola makan. Yaitu sering konsumsi makanan berlemak jenuh, gula tambahan, dan kalori tinggi menjadi faktor utama penyebab obesitas.

"Konsumsi makanan cepat saji, camilan manis, minuman bersoda, dan makanan olahan yang rendah nutrisi juga menjadi kebiasaan berisiko," kata dia.

Makan berlebihan dan kurangnya kontrol porsi bisa berkontribusi pada akumulasi kalori berlebihan yang mengarah pada obesitas.

Untuk itu penting memahami pola makan seimbang, dengan memperhatikan asupan nutrisi yang tepat dan porsi sesuai kebutuhan tubuh.

Baca juga: Ini Cara Cegah Obesitas dari Dokter RSND Undip

2. Gaya hidup

Kebiasaan yang kedua ialah karena gaya hidup yang tidak sehat yakni kurangnya aktivitas fisik. Hidup di era modern seperti sekarang cenderung lebih santai dan mengandalkan teknologi, sering kali menghambat aktivitas fisik yang cukup.

Tentu kurang aktivitas dapat mengganggu metabolisme tubuh, sehingga terjadi penumpukan lemak, dan mengurangi pembakaran kalori.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com