Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2023, 13:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unnes

KOMPAS.com - Bagi yang ingin sehat, maka harus rajin berolahraga. Terlebih para mahasiswa yang super sibuk kuliah atau malah justru sering mager di tempat tidur.

Jika akhir pekan maka harus bisa meluangkan waktu untuk olahraga. Tentu olahraga bisa dilakukan dengan yang ringan atau sederhana.

Hal itu juga bisa dilakukan bagi anak kos yang lebih mager di kamar ridurnya ketimbang beraktivitas di luar. Tapi olahraga juga bisa dilakukan di kampus.

Sebab olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah untuk menjaga berat badan, mencegah berbagai macam penyakit, membuat tubuh sehat dan bugar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Dampak Buruk Kurang Olahraga

Tanpa berolahraga, tubuh kita akan mudah lemas dan gampang terserang penyakit. Untuk itu penting luangkan waktu berolahraga.

Olahraga ringan bagi mahasiswa super sibuk

Dilansir dari laman Universitas Negeri Semarang (Unnes), ini ada beberapa jenis olahraga ringan yang cocok bagi mahasiswa super sibuk.

1. Olahraga jalan kaki

Tentu berjalan kaki adalah olahraga aerobik yang dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru. Mahasiswa yang super sibuk pada saat berkuliah offline tentu saja sering moving ke berbagai tempat.

Misalnya dari kos ke kampus, dari fakultas ke fakultas lain dan sebagainya. Nah, jika kamu moving ke berbagai tempat inilah sebisa mungkin ditempuh dengan cara jalan kaki, karena jalan kaki adalah bagian dari olahraga ringan.

2. Bersepeda

Jika kamu punya sepeda, maka bersepeda adalah salah satu yang bisa kamu lakukan. Bersepeda termasuk ke dalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Atau di setiap kampus biasanya memberikan fasilitas sepeda kampus untuk seluruh civitas akademiknya.

Baca juga: Simak 6 Cara Mengatasi Culture Shock bagi Mahasiswa Baru

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Unnes


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com