Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Yuk Coba 4 Jenis Olahraga Ringan Menyehatkan

Kompas.com - 20/08/2023, 13:17 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unnes

KOMPAS.com - Bagi yang ingin sehat, maka harus rajin berolahraga. Terlebih para mahasiswa yang super sibuk kuliah atau malah justru sering mager di tempat tidur.

Jika akhir pekan maka harus bisa meluangkan waktu untuk olahraga. Tentu olahraga bisa dilakukan dengan yang ringan atau sederhana.

Hal itu juga bisa dilakukan bagi anak kos yang lebih mager di kamar ridurnya ketimbang beraktivitas di luar. Tapi olahraga juga bisa dilakukan di kampus.

Sebab olahraga sangat bermanfaat bagi tubuh kita, diantaranya adalah untuk menjaga berat badan, mencegah berbagai macam penyakit, membuat tubuh sehat dan bugar, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 5 Dampak Buruk Kurang Olahraga

Tanpa berolahraga, tubuh kita akan mudah lemas dan gampang terserang penyakit. Untuk itu penting luangkan waktu berolahraga.

Olahraga ringan bagi mahasiswa super sibuk

Dilansir dari laman Universitas Negeri Semarang (Unnes), ini ada beberapa jenis olahraga ringan yang cocok bagi mahasiswa super sibuk.

1. Olahraga jalan kaki

Tentu berjalan kaki adalah olahraga aerobik yang dapat meningkatkan jumlah oksigen dalam peredaran darah dan membantu melatih paru-paru. Mahasiswa yang super sibuk pada saat berkuliah offline tentu saja sering moving ke berbagai tempat.

Misalnya dari kos ke kampus, dari fakultas ke fakultas lain dan sebagainya. Nah, jika kamu moving ke berbagai tempat inilah sebisa mungkin ditempuh dengan cara jalan kaki, karena jalan kaki adalah bagian dari olahraga ringan.

2. Bersepeda

Jika kamu punya sepeda, maka bersepeda adalah salah satu yang bisa kamu lakukan. Bersepeda termasuk ke dalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah.

Atau di setiap kampus biasanya memberikan fasilitas sepeda kampus untuk seluruh civitas akademiknya.

Baca juga: Simak 6 Cara Mengatasi Culture Shock bagi Mahasiswa Baru

Nah, buat kamu yang tidak mau jalan kaki untuk olahraga, jangan ragu untuk memanfaatkan fasilitas tersebut untuk berkeliling ke kampus karena bersepeda juga termasuk olahraga ringan yang mudah dilakukan.

3. Naik turun tangga

Bagi mahasiswa yang memiliki banyak kesibukan di kampus biasannya sering menghampiri ruangan–ruangan yang berada di lantai atas untuk kepentingan tertentu.

Jika tidak terburu-buru daripada menggunakan fasilitas lift atau eskalator lebih baik mahasiswa menuju gedung/ruangan tersebut dengan cara menaiki tangga yang ada.

Jadi, membiasakan naik tangga di kampuspun menjadi olahraga ringan serta praktis yang dapat dilakukan di tengah kesibukan para mahasiswa.

4. Jogging

Jenis olahraga ringan yang terakhir ialah jogging. Ini adalah satu bentuk berlari yang dilakukan dengan kecepatan lambat atau santai.

Biasanya area kampus sangat luas dan ramah dengen pejalan kaki. Nah, kamu juga bisa menyempatkan sedikit waktu untuk berjogging di waktu pagi atau sore hari saat libur kuliah.

Baca juga: Simak 5 Tips Manajemen Waktu Mahasiswa Baru

Mahasiswa biasanya melakukan jogging di jalan sekitar kampus dan dalam kampus. Supaya joggingnya lebih bersemangat, kamu juga bisa ajak teman dekat untuk jogging bersama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com