Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/09/2023, 06:07 WIB
Albertus Adit

Penulis

Sumber Unair

KOMPAS.com - Seorang mahasiswa harus punya cita-cita yang tinggi. Tentu semuanya demi masa depan yang lebih baik lagi.

Apalagi jika perlu, mahasiswa dapat menyiapkan karir sejak dini. Hal ini sangat penting agar saat terjun di dunia kerja bisa lebih siap.

Terkait hal itu, Himpunan Mahasiswa Ilmu Politik Unair bersama DPKKA Unair dan MMI mengadakan kegiatan Career Talk, Rabu (30/8/2023).

Dilansir dari laman Unair, Sabtu (9/9/2023), salah satu pemateri kegiatan adalah Silkania Swarizonas selaku Staf Ahli DPR RI.

Baca juga: Komisi X DPR: KIP Kuliah Harus Diperbanyak bagi Mahasiswa Kurang Mampu

Harus paham minatnya

Silkania mengatakan bahwa mahasiswa harus menentukan tujuan dalam mencapai karir. Selain itu, mahasiswa juga harus mengetahui minat atas suatu hal dalam diri sendiri.

"Pastikan kalian tahu minat kalian, sehingga kalian akan bekerja di bidang yang kalian suka," ujarnya.

Dikatakan, dalam melakukan segala hal, pastikan mahasiswa mencintai hal tersebut.

Jika mahasiswa sudah terjun dalam suatu bidang yang kurang disukai terutama program studi, maka dapat mencari passion lain di luar prodi tersebut. Misalnya, mengikuti kegiatan UKM atau organisasi lainnya.

Tips sukses berkarir

1. Lakukan yang orang lain tak bisa

Ia menjelaskan bahwa tips sukses berkarir ialah melakukan suatu hal yang tidak semua orang dapat melakukannya. Selain itu, mahasiswa juga perlu belajar dari masa lalu, baik dari diri sendiri maupun dari orang lain.

Baca juga: Dua Mahasiswa PNJ Raih Beasiswa S2 di Coventry University karena IISMA

2. Ambil peluang

Hal tersebut yang membuat Silkania bekerja di tiga instansi dengan profesi yang berbeda. Tiga hal tersebut adalah Staf Ahli DPR RI, Dosen Tetap Non PNS Unesa, dan News Anchor TVRI Jakarta.

"Jadi selalu ketika ada peluang, ada sesuatu yang bisa kita eksplor di sana, saya selalu ambil," katanya.

"Tapi perlu dipahami ketika menyambut peluang itu, kita harus melihat bagaimana di dalamnya dan seperti apa. Ketika tidak sesuai dengan minat kita, kita bisa tinggalkan," imbuhnya.

3. Tetapkan 1 goals, 3 values, 9 behaviors

Goals berarti seseorang harus mempunyai satu tujuan, lalu dari tujuan tersebut memiliki tiga kebermanfaatan (values). Kemudian, seseorang melakukan sembilan kebiasaan (behaviors) untuk mencapai hal tersebut.

"Petakan, goals-nya apa, values-nya apa, lalu habit atau behaviors yang kalian ciptakan untuk mencapai itu apa," terang alumnus Ilmu Politik Unair tersebut.

4. Perbanyak kegiatan organisasi dan akademik

Dengan aktif berorganisasi, mahasiswa dapat mengetahui sekilas mengenai dunia kerja.

Selain itu, mahasiswa juga dapat mengembangkan prestasinya selama di kampus. Adapun ketika telah memasuki dunia praktisi, maka agar mahasiswa dapat bersikap profesional dan membangun relasi.

5. Lakukan dengan maksimal

Ketika sudah menjadi praktisi, maka harus profesional. Lakukan dengan maksimal dan bangun relasi baru dengan berorganisasi.

Baca juga: Simak 4 Manfaat Olahraga bagi Pelajar/Mahasiswa

"Kalian memulai dari sekarang, itu relasi kalian akan ditempa. Jadilah tulus dan konsisten, jadilah versi terbaik dari dirimu sendiri," pesan dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com