Kompas.com - 18/06/2015, 10:26 WIB
Manusia adalah modal terpenting membangun sebuah industri kokoh Adhis AnggianyManusia adalah modal terpenting membangun sebuah industri kokoh
|
EditorLatief

KOMPAS.com – Siapa menolak bekerja di perusahaan sekelas Google, Apple, atau Toyota? Perusahaan-perusahaan ini begitu menggiurkan bagi para pencari kerja.

Betapa tidak. Mereka berani berinvestasi besar-besaran pada sumber daya manusia, mulai kesejahteraan, fasilitas, ruang berkreasi, dan peningkatan kompetensi. Semua dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan. Mereka begitu menghargai karyawan.

Investasi pada manusia, bukan produk semata

Mari bercermin pada moto sukses Toyota, yaitu "We Make People First before We Make Product". Sejarah Toyota membuktikan, semangat menciptakan dan memproduksi produk unggul adalah modal penting kesuksesan.

Toyota lahir bukan dari kekayaan modal atau teknologi canggih. Namun, dari sebuah ungkapan sederhana tentang cinta seorang anak pada ibunya.

Kelelahan sang bunda karena setiap malam harus menenun dengan mesin manual mendorong Sakichi Toyoda, pendiri Toyota, mengembangkan mesin tenun yang lebih baik. Dia merancang mesin pemintal yang akan berhenti secara otomatis ketika terjadi kesalahan.

Bagi Toyota, kualitas produk merupakan buah dari proses produksi penuh ketelitian, ketangguhan, dan kesungguhan. Diimbangi juga dengan kemampuan untuk terus menyempurnakan proses dan sistem produksi di dalamnya. (Baca: Ini Dia... Rahasia Sukses Jepang Bangun Kekuatan Ekonomi Dunia!)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saking pentingnya filosofi ini, Toyota tak segan berinvestasi untuk mengolah sendiri SDM mereka. Di Indonesia, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) mendirikan Toyota Learning Center yang bertugas memberikan pelatihan dan transfer ilmu antar karyawan.  

“Kita ingin SDM Toyota punya global standard. Mulai dari operator sampai tingkat manajerial,” ucap Bob Azam, Direktur Administrasi PT TMMIN saat dihubungi KOMPAS.com kemarin.

Ia mengatakan, sebelum mulai bekerja, karyawan diberikan pengetahuan tentang aturan dasar manufaktur, skil dasar, lalu skil lanjutan, dan skil manajerial. Tak lupa, pembekalan mengenai Toyota Way dan Toyota Production System (TPS) karena semangat Toyota adalah dasar penting yang harus dimiliki oleh seluruh karyawan. (Baca: Belajar Kerja Sigap untuk Hasil Produksi Maksimal!)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.