Drama Musik SD Tarakanita 5: Karena Hidup Tak Seindah Kisah Dongeng...

Kompas.com - 12/06/2018, 17:31 WIB
Drama Musikal Tarakanita 5 Dok. Tarakanita 5Drama Musikal Tarakanita 5

 

KOMPAS.com - SD Tarakanita 5 Jakarta menggelar drama musikal di Ciputra Artpreneur, Jakarta (9/6/2018). Drama musikal ini melibatkan tidak kurang dari 170 siswa dari kelas 1 hingga 6.

Menariknya, mereka mengangkat kisah "Oliver Twist" karya Charles Dickens. Sebuah kisah 'kelam' tentang anak yatim piatu yang tinggal di tengah kerasnya dunia gangster di pinggiran kota London dengan latar belakang awal Revolusi Industri di Inggris tahun 1837-an.

Mengapa cerita ini yang kemudian diangkat dan bukan cerita-cerita puteri dan pangeran negeri dongeng?

"Karena hidup tidak semulus itu. Tidak semudah itu," jelas Linda Patimasang penggagas acara sekaligus koreografer pementasan ini.

"Nantinya, ketika mereka bertumbuh, anak-anak akan dihadapkan pada berbagai kecurangan, akal bulus, dan kemunafikan. Kalau mereka tidak punya karakter, keyakinan diri dan tidak memiliki nilai hidup maka mereka bisa terjerumus ke dalamnya," tutur Linda saat dihubungi Kompas.com.

Itulah sebabnya kenapa kami setuju ketika penulis naskah menawarkan cerita "Oliver Twist", tambahnya. Menurut Linda, pesan cerita ini sangat relevan untuk "kids zaman now".

Baca juga: Menjadikan Sekolah Rumah Kedua Siswa dan Orangtua

Dunia anak-anak, menurutnya, sudah cukup gegap gempita. "Jangan sampai kami pun berkontribusi menjadikan mereka seperti 'Guci Cina'. Kesenggol dikit, baper (bawa perasaan)," lanjutnya.

Oliver dalam cerita ini tampil sebagai anak yang kuat meski lingkungan memperlakukannya tidak adil. Dia tumbuh menjadi anak yang berkarakter dan penuh kasih meski hidup dan bertumbuh di sarang kriminal.

Selain itu, kami juga ingin memperkenalkan karya sastra klasik dunia pada anak-anak, tambahnya.

Drama Musikal Tarakanita 5Dok. Tarakanita 5 Drama Musikal Tarakanita 5

Hal senada disampaikan pula oleh Kepala Sekolah SD Tarakanita 5 Paula Ruliyati Puji Lestari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X