Kompas.com - 01/07/2018, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Proses pendaftaran untuk Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) provinsi Jawa Tengah ( Jateng) sudah dibuka hari ini, 1 Juli 2018 secara daring atau online.

Pendaftaran daring PPDB Jateng untuk jenjang SMA dan SMK telah dapat diakses di https://jateng.siap-ppdb.com/#/030001/daftar/gabungan.

Dalam proses pendaftaran calon siswa cukup memasukan nomor ujian atau Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), jenis lulusan dan tahun kelulusan.

Peminatan pada SMA dalam PPDB Jateng terdiri atas; peminatan Matematika dan IPA, peminatan IPS dan peminatan Bahasa dan Budaya.

Proses penentuan peminatan SMA PPDB Jateng:

1. Penentuan peringkat peminatan didasarkan atas penghitungan nilai mata pelajaran (mapel) pada nilai UN. Skor pada nilai UN akan dihitung berbeda bergantung pada peminatan dipilih. 

2. Peminatan Matematika dan IPA: Mapel IPA memiliki skor 5  point, Mapel Matematika 4  point, Mapel Bahasa Inggris 3  point dan Mapel Bahasa Indonesia 2 point.

3. Peminatan IPS: Mapel IPA 2 point, Mapel Matematika 3 point, Mapel Bahasa Inggris 4 point, Mapel Bahasa Indonesia 5 point.

4. Peminatan Bahasa dan Budaya: Mapel IPA 3 point, Mapel Matematika 2 point, Mapel Bahasa Inggris 4 point, Mapel Bahasa Indonesia 5 point.

Baca juga: PPDB SMA/SMK Jawa Tengah Sudah Dibuka Hari Ini Secara Online

5. Jumlah peserta didik yang diterima sesuai peminatan adalah berdasarkan peringkat tertinggi ke peringkat terendah pada setiap peminatan yang disesuaikan dengan zonasi dan daya tampung setiap sekolah.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.