Mau Tahu 3 Hadiah Indah di Hari Anak Nasional?

Kompas.com - 23/07/2018, 19:32 WIB
Para siswa SDN Negeri Wanajaya III Kelas Jauh tengah bermain egrang saat istirahat. KOMPAS.com/Farida FarhanPara siswa SDN Negeri Wanajaya III Kelas Jauh tengah bermain egrang saat istirahat.

KOMPAS.com - Ada pesan terkandung dalam permainan anak tradisional di Indonesia. Permainan itu antara lain petak umpet, dampu, congklak, egrang, dan lain sebagainya.

"Pesan yang muncul adalah permainan tradisional tidak bisa dimainkan seorang diri," Ketua Umum Asosiasi Mainan Indonesia Lukas Sutjiadi menjawab pertanyaan Kompas.com saat pertemuan dengan media, Senin (23/7/2018).

Pertemuan tersebut dilakukan menjelang pameran bertajuk "Indonesia International Toys & Kids Expo 2018" yang akan berlangsung Kamis (26/7/2018) sampai Sabtu (28/7/2018). Pameran akan mengambil tempat di Jakarta Internasional Expo, Kemayoran.

Lebih lanjut, Lukas yang didampingi Sekretaris Jenderal Komisi Nasional (Komnas) Anak Dhanang Sasongko mengatakan sedapat mungkin, orangtua mencegah anak berlebihan memanfaatkan permainan pada gawai (gadget) masing-masing.

"Barusan kami mengantarkan seorang anak masuk rumah sakit jiwa karena kecanduan gadget," imbuh Dhanang mengingatkan.

Menurut Lukas, kemudian, pihaknya beserta industri mainan anak mengambil langkah memutakhirkan permainan anak tradisional agar tetap menjadi pilihan.

"Istilahnya, permainan anak tradisional tapi kekinian," ujar Lukas.

Tiga

Lukas mengatakan, tak lama lagi industri permainan anak akan meluncurkan 3 permainan anak tradisional yang sudah dimutakhirkan.

"Yang pertama egrang," ujar Lukas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X