Literasi Media dan Kabar Bohong yang Beredar Cepat

Kompas.com - 21/08/2018, 11:32 WIB
Ilustrasi.THINKSTOCK Ilustrasi.


 

Narasi dalam bahasa Hindi yang mengikuti foto itu menyebutkan, bahwa seorang wanita Hindu tengah dilecehkan oleh seorang pria Muslim di Bengali Barat.

 

Di India, sentimen agama, Muslim dan Hindu ibarat api dalam sekam. Mudah disulut untuk memicu pertikaian antar-dua komunitas. Mirip-mirip Indonesia. Sentimen agama juga mudah disulut untuk memancing emosi.

 

Penting, Literasi Media untuk Orangtua Generasi Milenial

Gambar itu cepat sekali tersebar dan memunculkan disinformasi mengenai jumlah korban akibat bencana tersebut. PM Laos Thongloun Sisoulith sampai perlu menggelar jumpa pers khusus mengenai disinformasi yang beredar.

Mirip-mirip juga dengan Indonesia. Biasanya, setiap kali ada bencana, beredar pula foto-foto yang diklaim sebagai korban bencana.

Foto ini tersebar di media sosial di India disertai narasi yang menyebut telah terjadi pelecehan wanita Hindu oleh seorang pria muslim di Bengali Barat, India. Hoaks. Faktanya, ini adalah salah satu scene dalam film Aurat Khilona Nahi Bhojpuri.- Foto ini tersebar di media sosial di India disertai narasi yang menyebut telah terjadi pelecehan wanita Hindu oleh seorang pria muslim di Bengali Barat, India. Hoaks. Faktanya, ini adalah salah satu scene dalam film Aurat Khilona Nahi Bhojpuri.

 

Kompas.com adalah satu-satunya media dari Indonesia yang diundang dalam acara tersebut.

Masing-masing media berbagi pengalaman tentang bagaimana disinformasi berdampak bagi masyarakat dan apa yang saja telah dilakukan untuk menangani masalah ini.

 

Kabar bohong beredar lebih cepat

Soroush Vosoughi, seorang akademisi di Massachusetts Institute of Technology (MIT), Amerika Serikat, meneliti tentang bagaimana penyebaran berita bohong terjadi di dunia maya.

 

Jurnal Science belum lama ini.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X