Seru, Acara Pameran Pendidikan Belanda di Jakarta Hari Ini

Kompas.com - 09/11/2018, 13:22 WIB
Nuffic Neso Indonesia menggelar Dutch Placement Day (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda. Dok. Kompas.comNuffic Neso Indonesia menggelar Dutch Placement Day (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda.

KOMPAS.com - Sukses menggelar "Dutch Placement Day"  (DPD) di kota Surabaya (6/11/2018), Nuffic Neso Indonesia menggelar acara yang sama hari ini (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda

"Melalui pameran pendidikan tinggi Belanda ini, diharapkan dapat meningkatnya kesadaran para pelajar untuk membekali dirinya dengan pengetahuan dan kemampuan dengan baik untuk dapat bersaing di era globalisasi," ujar Koordinator Promosi Pendidikan Nuffic Neso Indonesia, Inty Dienasari, kepada Kompas.com (11/9/2018)

Ia menambahkan, DPD menjadi one stop information centre dimana pengunjung dapat berkonsultasi one on one, mengikuti presentasi universitas maupun Lembaga pengelola beasiswa, seminar menulis motivation statement, hingga mengikuti IELTS Try Out.

Rekrutmen Peneliti Indonesia

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, DPD 2018 mengadakan sesi khusus PhD Recruitment yang diselenggarakan Nuffic Neso Indonesia bekerja sama dengan Academic Transfer.

Academic Transfer adalah lembaga yang menginformasikan lowongan berkarir dalam penelitian dan pendidikan tinggi di Belanda.

Baca juga: Peneliti Indonesia Bisa Raih PhD di Belanda, Simak Informasinya Besok!

 

Sesi PhD Recruitment memberikan kesempatan bagi para peneliti yang tertarik mengambil gelar PhD di Belanda untuk tatap muka dan berdiskusi langsung dengan para professor yang dapat menjadi pembimbing penelitian.

Kesempatan ini diharapkan dapat memfasilitasi kandidat PhD untuk memperoleh Letter of Admission (LoA) dari pihak universitas Belanda yang nantinya akan membantu proses aplikasi beasiswa. Lima belas (15) professor dari berbagai disiplin ilmu hadir di DPD Jakarta.

"Sekitar 300 interview akan dilakukan hari ini untuk program PhD. Ada sekitar 15 profesor dari Belanda akan melakukan interview mendalam langsung kepada kandidat," jelas Peter van Tuijl Direktur Nuffic Neso Indonesia kepada Kompas.com.

Peter menambahkan melalui program PhD Recruitment ini diharapkan akan mendapatkan "match making" atau kecocokan antara universitas Belanda dengan para peneliti di Indonesia. 

"Secara keseluruhan tujuan hari ini adalah untuk memfasilitasi hubungan Belanda dan Indonesia, khususnya di bidang pendidikan dan riset sebagai investasi bagi Indonesia karena diharapkan mereka akan kembali ke tanah air," harap Peter.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X