Kompas.com - 09/11/2018, 15:42 WIB
Nuffic Neso Indonesia menggelar acara Dutch Placement Day (DPD) hari ini (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda. Dok. Kompas.comNuffic Neso Indonesia menggelar acara Dutch Placement Day (DPD) hari ini (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda.

KOMPAS.com - Nuffic Neso Indonesia menggelar acara "Dutch Placement Day" (DPD) hari ini (9/11/2018) di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, menggandeng 27 universitas riset dan ilmu terapan Belanda.

"Setiap tahun setidaknya 2.500 pelajar Indonesia belajar di Belanda. Hampir 50% di antaranya saat ini studi dengan biaya mandiri. Hal ini menunjukan perekonomian di Indonesia semakin baik, dan semakin banyak minat keluarga Indonesia kelas menengah mengirimkan anak-anak mereka studi ke Belanda," jelas Peter van Tuijl Direktur Nuffic Neso Indonesia kepada Kompas.com.

Namun tidak usah kuatir, banyak lembaga masih menyediakan beasiswa bagi para pelajar yang tertarik melanjutkan studi ke Belanda.

Berikut 8 lembaga yang memberikan beasiswa khusus untuk melanjutkan studi di Belanda:

1. Program StuNed

StuNed atau Studeren in Nederland adalah program beasiswa berbasis unggulan Pemerintah Belanda bertujuan meningkatkan sumber daya manusia Indonesia sehingga memiliki daya saing di tingkat regional dan global.

Beasiswa penuh ini merupakan kerjasama bilateral pemerintah Indonesia dan Belanda dengan prioritas bidang: (1) Keamanan dan Penegakan Hukum, (2) Angro Pangan dan Hortikultura, (3) Transporatasi, Logistik, Infrastruktur, dan (4) Perdagangan Internasional, Keuangan dan Ekonomi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Seru, Acara Pameran Pendidikan Belanda di Jakarta Hari Ini

Beasiswa StuNed diberikan dalam beragam program di antaranya: Master (1-2 tahun), Short Course (2-12 minggu) dan Tailor Made Training (2-3 minggu).

Beberapa persyaratan untuk memperoleh beasiswa ini di antaranya; (1) Warga Negara Indonesia, (2) Telah mendapat unconditional admission letter dari salah satu pendidikan tinggi Belanda, (3) Minimal S1 atau D4 dengan IPK minimal 3.00, (4) Kemampuan bahasa Inggris minimal TOEFL IBT 80.

Informasi lengkap dapat dilihat melalui tautan: www.stuned.info

2. Orange Tulip Scholarship (OTS)

OTS adalah program beasiswa yang didanai oleh pendidikan tinggi Belanda. Beasiswa OTS tersedia untuk beberapa program: Bachelor, Master dan Foundation.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.