Beasiswa Guru Program "Teacher Training 2019" Kedutaan Jepang

Kompas.com - 05/01/2019, 17:51 WIB
Ilustrasi: Seorang guru mengajar di salah satu SD di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara beberapa waktu lalu. Kompas.com/Kontributor Nunukan, SukocoIlustrasi: Seorang guru mengajar di salah satu SD di Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - Program Teacher Training adalah salah satu program beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya. 

Penerima beasiswa akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa, serta hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru.

Program ini adalah program non-gelar dan lama studinya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan pertama belajar bahasa Jepang) dari September atau Oktober 2019 hingga Maret 2021.

Jadwal seleksi

1. Masa Pendaftaran: 13 Desember 2018 – 15 Januari 2019

2. Pengumuman Hasil Seleksi Dokumen : 31 Januari 2019

3. Ujian Tulis : 7 Februari 2019

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

4. Pengumuman Hasil Ujian Tulis : 18 Februari 2019

5. Ujian Wawancara : 25-26 Februari 2019

Baca juga: Stuned Kembali Buka Beasiswa Program Short Course 2019 di Belanda

6. Pengumuman Hasil Ujian Wawancara : 1 Maret 2019

7. Pengumuman Final dari MEXT : Juli 2019

8. Berangkat ke Jepang : September 2019

Fasilitas beasiswa

1. Biaya kuliah ditanggung sepenuhnya.

2. Tunjangan hidup sebesar kurang lebih ¥143.000/ bulan

3. Tiket pesawat pergi pulang Indonesia - Jepang.

4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.

5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X